Jangan Ada Penolakan: Jenazah Terinfeksi Covid-19 Tidak Akan Menularkan Virus Jika Sudah Dimakamkan

Karawang, transnews.co.id-Juru bicara tim gugus tugas, Covid-19 Kabupaten Karawang dr.Fitra mewanti-wanti kepada masyarakat bahwa jangan ada penolakan terhadap jenazah yang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona. Karena, jenazah tidak akan menularkan warga sekitar pemakaman.

“Warga sekitar pemakaman tak berisiko tertular dari jenazah. Hasil penelitian, virus corona tidak akan hidup jika inangnya mati,inang tersebut dianalogikan sebagai pasien,Sehingga apabila pasien corona sudah meninggal, tidak akan menularkan kepada yang lain,”jelas Fitra saat memberi keterangan pers Jumat (10/4/2020)

dr. Fitra memastikan prosesi pemulasaran jenazah dilakukan dengan sangat ketat dan sesuai dengan standar WHO. Maka demi kebaikan bersama, proses pemandian jenazah dilakukan hanya oleh tim tenaga medis yang khusus, dengan APD lengkap.

“Setelah itu dilakukan disinfektan dan dibungkus oleh plastik, sehingga tidak menularkan,” kata Fitra.

Ia berharap agar masyarakat tidak bertindak anarkis dengan menolak pemakaman jenazah terinfeksi Covid-19. Jenazah tidak akan menularkan virus jika sudah dimakamkan.

“Bayangkan apabila itu terjadi pada keluarga kita, sudah luka mendalam, jangan tambahkan dengan stigma bisa menularkan, mereka butuh dukungan dan dikuatkan oleh keluarga dan masyarakat,” pungkasnya. (Wahyu) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com