Kab Tasikmalaya Kembangkan Industri Unggulan Non Agro

Tasikmalaya, Transnews- Kabupaten Tasikmalaya salah satu daerah di Jawa Barat yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, beragam potensi dimiliki, salah satunya di bidang Industri Non Agro, seperti bordir, batik, bata merah, dan masih banyak produk lainnya.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, berkomitmen mewujudkan perekonomian yang tangguh sebagaimana tertuang didalam RPJMD yang salah satu perhatiannya adalah meningkatkan produksi di berbagai sektor Industri unggulan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri, seperti dikutip laman Disperindag, Selasa (17/9/19) memaparkan bahwa pengembangan berbagai potensi ‐ unggulan Industri Non Agro di Kabupaten Tasikmalaya, sudah dilakukan sejak lama dan terus diupayakan sebagai bagian dari agenda prioritas.

“Beberapa kegiatan yang rutin dilakukan adalah gencar mempromosikan produk-produk unggulan, mulai dari tingkat lokal hingga Nasional,” Ungkap Heri.

Heri meyakini, bila potensi‐potensi unggulan di Kabupaten Tasikmalaya ini telah diterima pasar secara luas dampaknya kpada perekonomian masyarakat tidak akan terbatas.

Bukan saja memompa semangat para pelaku industri kecil dan menengah, tapi juga bisa membuka lapangan kerja yang baru, sehingga menekan pengangguran dan angka kemiskinan.

“Untuk itu, beragam upaya terus kita dilakukan agar potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Tasikmalaya semakin berkibar dan diterima pasar,” Kata Heri.

Heri menjelaskan, pembinaan mulai dari hulu sampai hilir dilakukan secara terencana dan berkesimbungan. Bukan cuma memberi ikan, tapi menyodorkan pancing dan mengajarkan bagaimana membuat umpan ikan yang bagus. Begitupun yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya.

“Bukan hanya membina para pelaku usaha dalam membuat produk yang bagus, tapi juga membuka jalan agar produk-produk mereka bisa diterima pasar luas,” Jelas Heri.

Heri mengungkapkan, untuk menghidupkan kembali batik Sukapura, misalnya, belum lama ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya memberikan pelatihan kepada tujuh warga Kabupaten Tasikmalaya. Mereka dilatih seputar perbatikan, mulai pewarnaan sampai pembuatan batik.

“Pelatihan yang digelar di Yogyakarta tersebut adalah bagian dari ikhtiar menghidupkan dan mempromosikan sektor Industri di Kabupaten Tasikmalaya,” Pungkasnya. (Wawan Herdiawan/HMS.Disdag)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com