Kecamatan Sedati Sidoarjo Jatim Luncurkan 16 Kampung Tangguh Semeru

Sidoarjo,transnews.co.id- 16 desa di Kecamatan Sedati, Sidoarjo Jawa Timur kompak luncurkan Kampung Tangguh Semeru.

Peluncuran 16 Kampung Tangguh Semeru se Kecamatan Sedati itu, berlangsung Minggu (21/6/2020) malam di Perumahan Griya Candramas, Pepe, Sedati, Sidoarjo Jawa Timur.

Pembentukan Kampung Tangguh berkomitmen untuk mewujudkan ketangguhan di tingkat desa dalam segala hal, termasuk tangguh menangkal penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Peluncuran kampung tangguh ditandai dengan pemotongan dan pemukulan gong oleh Asisten I Pemkab Sidoarjo Ainurrohman, didampingi Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, Pasiter Kodim 0816 Kapten Inf. M. Said, Camat Sedati Abu Dardak, dan jajaran Forkopimka Sedati.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dari Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo serta Kodim 0816 Sidoarjo. Yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19, ruang isolasi, ruang kesehatan, lumbung pangan, tanaman hidroponik, juga ada sentra UMKM warga.

Camat Sedati Abu Dardak menyampaikan bahwa sebagian besar wilayahnya berkomitmen dan bersungguh-sungguh, mewujudkan wilayah yang tangguh di berbagai sektor. Termasuk tangguh dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

“Selain itu, adanya Kampung Tangguh ini menjadikan lingkungan di wilayah kami lebih cinta kebersihan, aman dari tindakan kriminal, serta membuat hubungan antar warga saling peduli,” tambahnya.

Adanya 16 desa di Kecamatan Sedati, yang telah membentuk Kampung Tangguh Semeru diapresiasi

Asisten I Pemkab Sidoarjo Ainurrohman sangat mengapresiasi adanya 16 kampung tangguh.

Asda mengatakan,semua wilayah baik desa maupun perkampungan di Kabupaten Sidoarjo harus semarak dalam membentuk Kampung Tangguh Semeru.

“Banyak manfaat dari ada program ini. termasuk yang telah dilakukan warga di 16 desa Kecamatan Sedati sini. Lingkungan jadi asri, bersih, aman, dan sehat,” pesannya.

Melalui kekuatan Kampung Tangguh Semeru, Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana, memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19,”ujar wakapolres.

Wakapolres mencontohkan, misalnya dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru. Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita.

“Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh serta kamtibmas kita tetap kondusif,”pungkas Wakapolresta.(ich)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com