Konferwil PWI Kota Depok, Sudah Saatnya PWI Depok Berbenah Tidak Ada Kubu-Kubuan

Kota Depok,transnews.co.id-Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk memilih Ketua perwakilan Persatuan Wartawan Indonesian (PWI), di Kota Depok, segera berlangsung pada 10 April 2021 ini.

Namun, beredar informasi adanya dugaan Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang terlibat menentukan salah satu wartawan lokal pilihannya untuk ‘wajib’ terpilih menjadi Ketua PWI Kota Depok dalam Pemilihan Ketua PWI tersebut.

“Jadi benar adanya informasi tersebut. Untuk itu, biarkanlah pers tetap dalam rel independen. Nggak elok dan itu tak memberikan contoh yang baik ada ikut campur pihak luar dalam menentukan siapa Ketua PWI,”Kata Wartawan senior dari Radio Republik Indonesia (RRI) Rido Lingga, Sabtu (3/4/2021), di Kota Depok, Jawa Barat.

“Seperti, Zaman Orde Baru saja, tidak begitu banget, wartawan masih punya harga diri untuk memilih pemimpinnya sendiri,”tambahnya.

Rido menyebutkan, bahwa Konferensi Wilayah (Konferwil) untuk memilih Ketua PWI Depok adalah hajat internal yang harusnya tidak melibatkan pihak luar baik itu eksekutif maupun legislatif di Kota Depok.

“Jadi dengan tegas, saya mengecam dugaan intervensi di Konforwil PWI Depok ini. Biarkanlah pemilihan ketua PWI Depok berjalan secara independen, profesional dan bertanggungawab,” ucap Lingga.

Dia juga sangat menyayangkan, bahwa ada oknum jurnalis yang memanfaatkan kedekatan dengan pejabat untuk mensukseskan ambisinya sebagai Ketua PWI Depok.

“Seharusnya, konferwil itu adalah ajang prestige wartawan untuk unjuk kepemimpinan dan program PWI Depok kedepan yang lebih profesional,” ungkapnya.

Rido menegaskan,media itu pilar keempat dalam sebuah negara yang menjujung demokrasi, selain eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Jadi, mari kita bermitra saling mengontrol dan mengkritisi dengan sehat. Fungsi wartawan sebagai kontrol sosial dapat terjaga. Mau dia dekat dengan presiden sekali pun ya jangan dibawa-bawalah dalam Konferwil PWI Depok ini,” tutur Lingga.

Lingga juga mengajak kepada seluruh anggota PWI Depok yang memiliki hak pilih sebijak mungkin menggunakannya. Saya mengajak para pemilik suara untuk memilih orang yang berintegritas dan berpengalaman dalam berorganisasi.

“Pilih Ketua PWI Depok yang mampu merangkul semua golongan tanpa memandang status atau latar belakangnya khususnya di internal PWI. Agar tidak terjadi pengkotak-kotakkan yang berujung membawa suasana tidak kondusif di internal PWI Kota Depok,” imbuhnya.

Lingga berharap support dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan Forkopimda demi terselenggaranya pemilihan Ketua PWI Depok yang netral bersih dan independen.

“Jadi, ini sudah saatnya PWI Depok berbenah, tidak ada kubu-kubuan. Mari bekerja dan melayani masyarakat dan membangun organisasi PWI kearah yang lebih baik,” tandasnya.(*) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com