Lukisan Adu Domba Karya Marwan Penuh Penafsiran

  • Bagikan

TN.JAKARTA l – Dalam pameran Persatuan Pelukis (PP) yang berlangsung di ARTLAND MKG 2, Kelapa Gading JakUt yang berlangsung dari tgl: 20 s/d 25 Juni 2022 ini menghadirkan para pelukis dari Jabodetabek. 41 pelukis menampilkan karya dengan tema budaya. Di antara para perupa, ada satu karya yang membetot perhatian pengunjung ya itu lukisan Adu Domba Karya Marwan.

Secara kasat mata gambar tersebut menampilkan dua ekor domba yang sedang adu tanduk. Tetapi secara tersirat menurut Marwan, lukisan tersebut adalah potret kondisi saat ini yang telah menjadi budaya.

“Budaya adu domba menjadi salah satu yang sangat kita prihatinkan. Ini terjadi disemua lini. Saya menyikapi dengan lukisan ini bentuk dari keprihatinan dari keadaan,” ungkap Marwan.

Marwan yang juga pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) Komite Seni Rupa ini menambahkan, lukisan ini bentuk partisifasi dirinya sebagai pelukis yang harus peka dengan keadaan. Apa lagi tema pamerannya kali ini adalah Beberin (berkarya, berbudaya, dan inovasi).

“Jadi inilah inovasi dari gagasan tentang budaya yang ada. Gagasan sebuah gambar yang mengkritisi keadaan,” kata Marwan lagi.*** (Ru)

Para perupa yang pameran.

 122 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan