Masyarakat Wangisagara Majalaya Bandung Giatkan Kerjabakti

104 seconds reading this post

Bandung, Transnews- Masarakat Desa Wangisagara di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Jawa Barat, Sabtu (14/9/19) melaksanakan kegiatan kerja bakti di masing masing lingkungan.

Hal itu di maksudkan selain untuk menjaga kesehatan lingkungan juga dalam rangka menggiatkan kembali budaya gotong royong yang hampir pudar di masyarakat.

Menurut Nanang Cahya salah seorang penggerak kegiatan kerja bakti mengatakan, beberapa lingkungan di tiap RW tampak kumuh dan tidak terawat mulai dari sampah, rumput dan selokan air, tampak tidak terawat. Dengan kondisi tersebut, dirinya tergerak untuk melakukan kerja bakti lingkungan dengan masyarakat.

” Dengan kerja bakti, selain lingkungan bersih juga budaya gotong royong tetap ada dan tidak hilang ” Ujarnya.

Cahya, yang juga Calon Kepala Desa Wangisagara ini, lebih jauh menjelaskan dirinya akan menunjukan bentuk pengabdiannya kepada masarakat Wangisagara dalam bentuk kegotong royongan di mulai dengan kegiatan kerja bakti di lingkungan. Selain membudayakan kegotong royongan, visi dan misi lainnya kata Cahya adalah menggerakkan sektor pertanian dan perternakan.

” Visi dan misi itu tentu akan lebih di Implementasikan kepada seluruh masyarakat jika terpilih menjadi Kades nanti,” Ujar Cahya.

Soal titik titik gerakan kerja bakti kali ini adalah normaliasasi saluran irigasi di tiap tiap Rw di sepanjang daerah irigasi Ancol.

“Hal itu agar air tida tersumbat lancar sehingga bermanfaat untuk mengairi sawah, karna pada umumnya masarakat di desa Wangisagara adalah petani,”Ujarnya.

Dijelaskan Cahya, luas area pertanian di desa Wangisagara hampir 70 hektar. Saluran irigasinya di pergunakan pula oleh perusahan Textil yang membuang limbahnya ke saluran itu

“Jadi wajar kalau masarakat di desa Wangisagara serius memelihara irigasi agar air bisa lebih lancar sampai ke sawah garapan para petani masing masing,” Papar Cahya.

Ikin (50) warga RW 3 kampung Pasir Leutik mengungkapkan, sangat senang dan mendukung adanya kegiatan kerjabakti ini bisa bergotong royog membersihkan saluran air bersama sama.

Kata Ikin rasa kebersaman sesama petani saling mendukung untuk perkembangan pertanian di desa Wangisagara karena air merupakan kunci dan sumber dari keberhasilan petani.

” Kegiatan kerja bakti membersihkan saluran irigasi agar terus di pertahankan, jika perlu setiap minggu diadakan kerja bakti ini,” Pinta Ikin. (Dani Koswara)

Inilah saluran irigasi yang di bersihkan warga dalam kerjabakti. (photo DK)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com