Menhub Lepas Ekspor Tahap Pertama Gerbong barang PT INKA ke Selandia Baru

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melepas secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru. Jumat (31/12/2021).

Madiun, Transnews.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melepas secara simbolis ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru. Jumat (31/12/2021). Gerbong tersebut merupakan buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang berlokasi di Madiun.

Menhub menyatakan, kebanggaannya atas capaian dari PT INKA telah mampu menciptakan produk yang dapat bersaing di pasar Internasional. “Kita harus bangga, anak bangsa mampu mengekspor produk yang memiliki nilai strategis dan ekonomi yang tinggi,” kata Menhub, melalui siaran persnya.

Menhub mengungkapkan, PT INKA tidak hanya membuat gerbong kereta api, tetapi juga membuat bus listrik yang nanti akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan pembuatan kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia Timur. “Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Menhub.

baca juga :   Wujudkan IKM Go Global, Kemenperin Dukung Program Aku Siap Ekspor

Dikatakan Menhub, kepada PT INKA agar terus dapat menjaga kualitas dan harga, yang dapat meningkatkan daya saing produknya di luar negeri.

Direktur PT INKA, Budi Noviantoro, menyampaikan, bahwa pemesan gerbong barang dari PT INKA yaitu, perusahaan Kiwi Rail, yang merupakan BUMN di Selandia Baru, yang bergerak sebagai operator transportasi perkeretaapian dan juga sebagai operator ferry antar pulau terbesar di Selandia Baru. “Masih ada beberapa paket kerja sama yang akan kita perjuangkan. Semoga PT INKA mendapatkan proyek selanjutnya,” ungkapnya.

baca juga :   Kapolda Jatim Bersama Kajati dan Kakanwil Bea Cukai Sidak Pelabuhan Perikemas

Ekspor ini diharapkan, menjadi langkah besar Indonesia dalam hal ini khususnya INKA untuk kembali mengambil peran di pasar kereta api di wilayah Oseania. Sebelumnya, PT INKA juga telah melakukan ekspor sebanyak 224 blizzard centre sills untuk BradkenRail, Australia. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com