DAERAH  

Pemkab Batang Gelar Upacara Peringatan Hari Ibu

Batang, Transnews.co.id – Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu yang diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Desember.

Peringatan Hari Ibu merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu Nasional hadir berdasarkan Keputusan Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Tema Peringatan Hari Ibu Nasional ke-93 tahun 2021 ini adalah “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”.

“Hari Ibu lahir dari pergerakan perempuan Indonesia yang diawali dengan Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta, telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama yang menandai tonggak perjuangan perempuan dalam mengambil peran disetiap pembangunan Indonesia,” kata Bupati Batang saat Memimpin Upacara Hari Ibu di di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Rabu (22/12/2021).

baca juga :   Pemkab Batang Rencanakan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Pekan Depan

Hakekat Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

baca juga :   Polres Batang Amankan 183 Petasan Selongsong Dan Langsung Dimusnahkan

“Perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya,” tegasnya.

Begitu juga, lanjut dia, pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

baca juga :   Polres Batang Musnahkan 5.045 Botol Miras dan Petasan

Diharapkan, momen ini untuk mendorong semua pemangku kepentingan memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, dan mengembangkan segala potensi kemampuan yang ada.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com