DAERAH  

Pemkot Palangka Raya Fokus Tingkatkan Infrastruktur Jalan dan Drainase

Palangka Raya, Transnews.co.id – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah tengah fokus pada peningkatan kualitas infrastruktur jalan dan drainase untuk mempermudah kelancaran arus kendaraan.

“Saat ini di beberapa ruas, kami mencoba untuk aspal menggunakan metode CTRB recycling. Kemudian untuk sistem drainase mencoba metode U DITCH,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin di Palangka Raya, Senin (4/4/2022).

Fairid menerangkan, penggunaan metode CTRB, selain terkait kualitas yang bagus dan cepat, pertimbangannya juga mengingat kontur dasar tanah di wilayah ini yang masih labil sehingga diperlukan pondasi yang kuat.

Kemudian, untuk drainase yang menggunakan metode U DITCH, karena selain cepat dan tahan lama, bahu jalan tetap bisa dimanfaatkan dengan perawatan cenderung lebih muda.

baca juga :   DPKUKMP Sebut Rantai Distribusi Panjang Penyebab Harga Bahan Pokok Naik

“Untuk perawatan, drainase tinggal di buka saja karena tidak menggunakan batu. Untuk jangka panjang bisa dijadikan untuk Utility Corridor atau untuk jalur kabel, dan pipa PDAM bawah tanah. Muaranya estetika kota pun menjadi rapi,” katanya.

Fairid menambahkan, penggunaan teknologi untuk pengaspalan dan drainase itu juga telah digunakan di beberapa kota maju. Hasilnya, terbukti jauh lebih tahan lama, meski anggaran yang dikeluarkan lebih banyak dibanding metode biasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya Arbert Tombak menerangkan saat ini, sebanyak 14 ruas jalan di kota setempat sudah berprogres dalam proses peningkatan jalan.

baca juga :   Rumah Pensiunan ASN di Palangka Raya Terbakar

Ke 14 jalan itu antara lain jalan pintu masuk wisata alam, Jalan Seram, Bangka, Halmahera, Iskandar, Jawa, Strawberry, Nyai Undang, Hasanuddin, Surung, Matal, Basir Jahan, Supra dan Jalan Danau Mare. Sementar itu juga ada drainse di kawasan Jalan Jati, Junjung Buih dan sejumlah titik lainnya.

“Pemko Palangka Raya melalui PUPR saat ini juga tengah fokus melakukan peningkatan jalan dan drainase, termasuk di kawasan pasar. Sejauh ini sebagian sudah di berproses,” kata Arbert.

Selain itu, Pemerintah Kota setempat juga fokus pada peningkatan jalan di kawasan permukiman. Hanya saja untuk jalan pemukiman, ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum dilakukan perbaikan jalan. Seperti, fasum dan fasusnya di serahkan kepada Pemerintah Kota Palangka Raya agar bisa dikelola.“Pembangunan jalan akan terus bergulir. Kami berupaya agar meningkatkan infrastruktur di Kota Palangka Raya terus berjalan sesuai harapan Wali Kota Palangka Raya,” katanya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com