Pengamat Pendidikan Tinggi Sebut IPB University Sukses Terapkan Kampus Merdeka Belajar

Bogor, Transnews.co.id – IPB University dinilai, telah mampu mengimplementasikan kampus merdeka belajar.

Hal ini terlihat mulai dari berbagi kerjasama penelitian, baik dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri, hingga dukungan sarana maupun prasarana untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswanya.

Pengamat Pendidikan Tinggi Jawa Barat, Nunung Sanusi, S.Sos,M.Si menuturkan, hingga kini infrastruktur dan suprastruktur dalam internal kampus terpantau memadai tidak hanya dilihat dari sisi pendidikan.

“Ini perlu diapresiasi, secara tidak langsung IPB telah mengimplementasikan kampus merdeka,” Ucap Nunung, saat di wawancara Kamis 28 Agustus 2021.

baca juga :   Kawah Candradimuka Pengusaha Muda Kampus IPB Lahir Lewat Hipmi PT

Selain itu, menurut dia merdeka belajar juga mendorong para dosen IPB University lebih merdeka dalam mengembangkan keilmuan. Serta, makin maksimal dalam pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi.

“Sejatinya kampus merdeka itu, memberikan kebebasan pada kampus dalam menggali potensi dan keunggulan dari kampus tersebut, karena setiap kampus memiliki kekhasan sendiri – sendiri. Sehingga seluruh praktisi pendidikan tinggi, mampu mengembangkan inovasi sesuai latar belakang ilmu,” bebernya.

baca juga :   Gubernur Khofifah Upayakan Penguatan One Village One CEO di Jawa Timur

Selanjutnya, Nunung menegaskan kedepannya dalam mengembangkan konsep kampus merdeka harus berpijak pada nilai – nilai filosofis pendidikan. Tidak berubah – ubah, biarkan kampus berkembang dengan visi keilmuan dan pengetahuan.

” Selama pendidikan kita mengikuti trend, maka akan tetap tertinggal,” paparnya.

Nunung menambahkan, sudah seyogyanya para pengajar di perguruan tinggi tidak dibebani oleh hal – hal administratif, yang berorientasi pada keuntungan.

baca juga :   Gelar Rakernas, HA IPB Siap Jalankan 8 Program

“Ini yang harus kita refleksikan, makna dari kampus merdeka,” Pungkasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com