Penukaran Uang Drive Thru BI Perwakilan Jatim Sehari Serap Rp 500 juta

115 seconds reading this post

Surabaya, Transnews.co.id – layanan penukaran uang baru dengan konsep drive thru atau langsung menggunakan mobil diminati masyarakat Surabaya. Sebagimana dikatakan, Budi Hanoto Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa timur bahwa dalam sehari, uang yang disiapkan sebesar Rp 500 juta mampu diserap masyarakat.

“Antusiasme masyarakat Surabaya sangat tinggi saat dibuka layanan penukaran uang secara drive thru, terbukti Rp 500 juta habis dalam sehari,” kata Budi, Rabu (15/4/2022).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jatim bekerja sama dengan 31 Perbankan Surabaya membuka layanan penukaran uang baru melalui Kas Keliling Bank Indonesia, layanan cabang perbankan tertentu, hingga konsep penukaran drive thru.

Hal ini dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat pada Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H.

BACA JUGA :  Jelang Idulfitri, Kemenperin Gandeng BI Fasilitasi Penukaran Uang Pecahan

Budi mengatakan, drive thru merupakan layanan baru yang pertama kali diterapkan di Surabaya. Diharapkan ini mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya.

“Dengan dibukanya fasilitas layanan drive thru ini, saya harap masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik dan tidak perlu menukar di tempat tidak resmi yang berbayar. Di drive thru ini masyarakat dapat menukar denga aman, nyaman, gratis dan yang paling penting terhindar dari risiko menerima uang palsu,” kata Budi.

Untuk layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim membuka layanan setiap hari Sabtu dan Ahad, yaitu tanggal 9, 10, 16, 17, 23 dan 24 April 2022. Layanan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi I pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB dan sesi II pukul 13.00 hingga 15.00 WIB yang bertempat di Kantor Perwakilan WIlayah (KPw) BI Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA :  Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jatim Buka Penukaran Uang Baru dengan Drive Thru

Untuk pemerataan penerima uang baru, setiap penukar hanya dapat menukar uang maksimal Rp 3,8 juta yang terdiri dari maksimal satu pak/bendel untuk masing-masing pecahan Uang Rupiah Kecil (UPK) dari Rp 20.000 sampai pecahan Rp 1.000.

Selain layanan drive thru, Bank Indonesia Jatim juga menyediakan layanan penukaran uang dengan metode dan jadwal penukaran yang berbeda. Pertama, layanan penukaran melalui Mobil Kas Keliling khusus Ramadhan yakni masyarakat dapat menukar uang rupiah di Museum De Javasche Bank (DJB) setiap hari Senin dan Perpustakaan Mayangkara setiap hari Rabu selama bulan Ramadhan.

Pada layanan kas keliling dengan kuota penukar sebanyak 50 orang per kegiatan ini, penukar diwajibkan terlebih dahulu melakukan pemesanan slot penukaran melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id). Kedua, layanan penukaran di 290 titik kantor cabang perbankan yang tersebar di Surabaya, Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Sidoarjo, Jombang dan Mojokerto.

BACA JUGA :  Penukaran Uang Baru dengan Sistem Drive Thru di BI Perwakilan Jatim di Serbu Masyarakat

Sementara itu, pada Lebaran tahun 2022 Bank Indonesia Jatim total menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun yang disebar di seluruh wilayah Jatim. (hd)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait