PMI Banyuwangi Bantu Distribusi Air Bersih Warga Dusun Songgon

  • Bagikan
PMI Banyuwangi saat melakukan Pendistribusian bantuan air bersih dengan menggunakan truk tangki pada warga terdampak banjir di Dusun Gumukcandi Desa Songgon Kabupaten Banyuwangi (26/11/21).

Banyuwangi , Transnews.co.id – Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Banyuwangi melakukan pendistribusian bantuan air bersih ke sejumlah warga teradmpak bencana banjir di Dusun Gumukcandi Desa Songgon Kabupaten Banyuwangi. Tingginya intensitas hujan mulai Rabu (24/11/2021) malam, mengakibatkan terjadinya banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di desa tersebut, khususnya permukiman warga di RW 4 dan RW 5.

Bahkan banjir juga sempat meluap hingga ke jalan raya karena saluran drainase (pembuangan air) yang berukuran kecil dan tidak dapat menampung derasnya aliran air.

Akibat banjir tersebut, menyebabkan pipa – pipa saluran air bersih untuk masyarakat dusun Pakis RW 4, dusun Sumberejo RT 3/2 Desa Songgon, dan dusun Balak Kidul (bulutigo) Desa Balak ikut hanyut dan terputus.

Baca Juga :   dr. Putu Mentari Setyawati: Perluasan FKTP Sangat Penting untuk Keberlangsungan Program JKN-KIS

Menurut keterangan salah satu warga, Poniman (55), posisi atau letak mata air yang berada di sebelah timur Dusun Gumukcandi mengakibatkan banjir ikut menerjang saluran atau pipa sambungan yang terpasang di sekitar sumber mata air tersebut.

“Begitu banjir datang aliran air deras langsung merusak pipa sambungan saluran air bersih yang mengarah ke pemukiman warga”, ujar Poniman.

Baca Juga :   Imam Utomo Lantik Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Madiun

Berdasarkan informasi dari anggota Sibat yang bertugas di lapangan, PMI Kab. Banyuwangi sudah mengirimkan bantuan distribusi air bersih dengan menggunakan truk tangki sebanyak 15 ribu liter di Dusun Sumberejo Ds Songgon RT 3/2 sebanyak 24 KK, Dusun Pakis Ds Songgon RT 01/04 sebanyak 48 KK dan RT 2/4 sebanyak 8 kk, DsnBulutigo Desa Balak 21 KK dan 1 masjid. Sehingga jumlah penerima manfaat bantuan air bersih sebanyak 101 KK dan 425 jiwa sampai dengan hari Jum’at (26/11/21)

Masyarakat sangat berterima kasih, dan mereka merasakan bahwa PMI Kab. Banyuwangi telah hadir untuk membantu mereka dalam pemenuhan kebutuhan air bersih, walaupun medannya sulit dan licin. Kami atas nama pemerintah desa Songgon menyampaikan terimakasih kepada PMI Kab. Banyuwangi, demikian ungkap Yakup Hariyanto Sekretaris Desa Songgon. (hd).

 179 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga :   Tingkatkan Profesionalisme Relawan, PMI Jatim Latih Pelatih “General”
  • Bagikan