PMR kolaborasi dengan Pramuka untuk kebencanaan Bagikan 150 Paket Sembako dan 250 bibit Tanaman untuk Warga Lereng Gunung Hyang Argopuro

JEMBER, transnews.co.id – Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka menggelar kolaborasi bhakti sosial kemerdekaan di Desa Kemiri, Kecamatan Panti yang beberapa tahun lalu masyarakat di lereng pegunungan Hyang Aropuro tersebut menjadi korban banjir bandang maupun tanah longsor.Jum at ( 5/8/2022 ).

Keterlibatan PMR dan Pramuka tersebut untuk mewujudkan kepedulian pada masyarakat sekitar khususnya pada penanganan bencana dengan cara memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam tanpa merusaknya. Bhakti sosial kemerdekaan kolaborasi PMR dan Pramuka ini merupakan rangkaian HUT PMI ke 77 dan hari pramuka ke 61.

Kegiatan kolabroasi di tanah lapang dusun tenggiling juga dilakukan pemberian 150 paket sembako serta 250 bibit tanaman pada masyarakat sekitar. “kegiatan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian adik adik PMR dan Pramuka dengan memberikan paket sembako pada masyarakat korban bencana sebelumnya baik itu banjir maupun tanah longsor,” kata E.A Zaenal Marzuki, SH , Ketua PMI Jember  kolaborasi PMR dan Pramuka disambut baik oleh BPBD Jember, hal tersebut bisa memperkuat setiap desa dimana saat ini BPBD merintis terbentuknya destana dan baik PMR maupun Pramuka bergabung didalamnya menjadi kader kebencanaan.

“BPBD Jember kini merintis destana, adik adik ini bisa masuk dalam destana karena menjadi ujung tombak dalam memberikan edukasi kebencanaan pada masyarakat sekitar dan nantinya juga bisa membantu dalam proses penanganan bencana,” ujar Sigit Akbari, Kepala BPBD Jember yang hadir dalam acara tersebut.

Dan dimusim kemarau saat ini, diharapkan semua masyarakat tetap waspada dan berhati hati khususnya saat membakar rumput agar tidak menimbulkan kebakaran terlebih di kawasan hutan yang memicu terjadinya kebakaran hutan, tuturnya. (irfak)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com