Polda Metro Jaya Siapkan Strategi Antisipasi Kepadatan di Tol Saat Arus Balik Lebaran

Jakarta, Transnews.co.id – Polda Metro Jaya telah menyiapkan sejumlah kebijakan dalam mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik ke Jakarta. Rekayasa lalu lintas bakal diterapkan di Tol JORR dan Tol Layang MBZ.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan mengatakan, salah satu rekayasa lalu lintas yang pihaknya siapkan berada di Tol JORR. Rekayasa lalu lintas ini akan diterapkan jika terjadi kepadatan kendaraan arus balik di Gerbang Tol Halim Utama.

“Apabila terjadi kepadatan di GT Halim Utama, maka arus balik pada jalur tol bawah Cikampek-Jakarta dikeluarkan ke arah Cikunir melalui Tol JORR,” kata Zulpan, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Meningkat, Polda Metro Jaya Tunda Gelaran Street Race

Rekayasa lalu lintas juga bakal disiapkan di Tol Layang MBZ. Kebijakan itu akan diterapkan jika terjadi kepadatan di Tol Cikampek arah Jakarta.

“Apabila terjadi kepadatan di Tol Cikampek arah Jakarta, maka seluruh kendaraan yang melalui Tol Layang MBZ dialihkan keluar menuju Tol Cikunir-Lingkar Luar,” terangnya.

Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik kendaraan kembali ke Jakarta akan terjadi pada 8 Mei mendatang. Diperkirakan ada 269 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta hari itu.

Baca Juga :   Ada Tumpahan Solar Dibawah JPO Pasar Senen, Arah Salemba Sementara Ditutup

“Puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada H+5 atau pada tanggal 8 Mei 2022 yaitu sebesar 269 ribu kendaraan atau naik 5% dari 2019,” jelasnya.

Zulpan mengatakan dari prediksi data yang dimiliki pihaknya akan ada dua juta kendaraan yang kembali ke Jakarta hingga H+10 Lebaran. Estimasi jumlah itu mengacu pada empat gerbang tol yang akan dilalui oleh kendaraan saat kembali ke Jakarta.

“Prediksi jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui empat gerbang tol utama (Cikupa, Ciawi, Cikatama, Kalitama) pada H2 sampai dengan H+10 adalah 2 juta kendaraan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Catat 163 Kecelakaan Selama Arus Mudik-Balik Lebaran

 96 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.