Polres bersama Bupati Batang Meninjau Posko Ruas Jalan Tol dan Pantura

Batang, Transnews.co.id – Polres Batang Jawa Tengah terus melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan kendaraan dalam menghadapi arus mudik Lebaran di Kabupaten Batang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Batang Wihaji saat mendampingi Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto saat meninjau ruas jalan tol, dan jalan pantura pada arus mudik lebaran.

“Malam ini saya bersama Kapolres Batang dan Forkopimda meninjau arus mudik tol yang kebetulan panjangnya 54 km wilayah batang dan jalur pantura,” kata Bupati Batang Wihaji usai meninjau di Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4/2022) malam.

Dijelaskannya, prediksi Pemerintah Pusat puncak arus mudik terjadi tadi malam, dan dia mengucap syukur karena perjalanan para pemudik yang melintasi Kabupaten Batang sejak tadi malam lancar.

baca juga :   Jalur Tol-Arteri Menuju Pelabuhan Merak Padat Capai 10 Kilometer

Hal ini tidak membuat lengah, makanya tetap dikontrol malam ini keberadaan arus lalu lintas yang berkaitan dengan arus mudik.

“Hasil dari peninjauan arus mudik bisa dilihat tadi dari gerbang Tol Kalibeluk dan setelah masuk kita cek kanan kiri ruas jalan keduanya lancar yang kebetulan tadi diberlakukan One Way dari arah Jakarta,” jelasnya.

Untuk jalan pantura Kabupaten Batang yang memang ada beberapa penerangan jalan yang gelap.

“Saya bersama Kapolres dan Dandim Batang bersinergi untuk menyiapkan tindakan yang bersifat darurat petugas kita akan turun langsung dan jika ada darurat yang terjadi bisa Call 119 masyarakat yang melintas di Kabupaten Batang,” terangnya.

Termasuk kemarin malam kejadian darurat di Rest Area 379 yang langsung ditindak lanjuti dengan langsung diantar sampai ketujuan.

baca juga :   TNI AU Radar 214 Sosialisasikan Bela Negara untuk Generasi Muda Batang

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto mengatakan, Polres Batang bersama Forkopimda memastikan bahwa arus mudik lebaran sesuai kebijakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan dua tahun kemarin tidak mudik dan tahun ini diperbolehkan.

Kesiapan yang utama di sumber daya manusia atau petugasnya, juga sarana prasarana yang berkolaborasi dengan Pemkab Batang dan Kodim 0736 Batang siap melayani pemudik.

“Saya melaporkan arus ada peningkatan sejak 27 April 2022 hingga 30 April 2022 malam ini. Namun kami meyakini bahwa arus dapat kami kelola dengan manajemen lalu lintas dengan komunikasi yang baik ke semua Stakeholder,” tegasnya.

Sampai hari ini tidak ada kejadian menonjol di Kabupaten Batang. Apalagi peristiwa kecelakaan lalu lintas selama arus mudik di Kabupaten Batang menurun.

baca juga :   H-5 Idul Fitri, Pelabuhan Merak Kembali Dipadati Pemudik

“Antisipasi jalur pantura untuk aparat kepolisian sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Batang petugas akan berpatroli di daerah tersebut jadi tidak masalah dengan gelapnya penerangan yang sempat viral di sosial media,” ujar dia.

Ia berharap, para pemudik menjaga kesehatannya dan juga kendaraan. Jika memang kurang sehat sebaiknya jangan mudik dahulu. “Kalau sudah terlanjur segera cari posko yang sudah disiapkan petugas kesehatan,” tutupnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com