RS. Delta Surya Salurkan CSR Berupa Jaminan Ketenagakerjaan bagi Pekerja Rentan

Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi saat menyerahkan secara simbolis CSR kepada pekerja rentan dan kader kesehatan di Rumah sakit Delta Surya Sidoarjo, Rabu (20/12/2023).
Wakil Bupati Sidoarjo H.Subandi saat menyerahkan secara simbolis CSR kepada pekerja rentan dan kader kesehatan di Rumah sakit Delta Surya Sidoarjo, Rabu (20/12/2023).

SIDOARJO, transnews.co.id – Rumah Sakit Delta Surya bersama Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan (GN Lingkaran) menyalurkan CSR dalam bentuk jaminan ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan bagi 1000 Pekerja rentan yang ada dilingkungan Rumah Sakit Delta surya dan kepada kader kesehatan yang secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, H. Subandi SH di Rumah Sakit Delta Surya, Rabu, (20/12/2023).

Dalam sambutannya tersebut, Wakil Bupati H. Subandi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Rumah Sakit Delta Surya yang telah peduli terutaman kepada perlindungan pada para pekerja rentan, karena program ini sangat membantu peran pemerintah dalam melindungi tenaga kita yang rentan. Menurutnya dengan kegiatan hari ini akan mewujudkan bagaimana tenaga kerja rentan ini betul-betul mendapatkan perhatian dan bisa membantu apabila ada satu persoalan yang dimana tentunya nanti dia akan punya suatu pegangan yaitu berupa jaminan kesehatan apabila ada persoalan terutama dalam pekerjaanya.

“Program CSR dari Delta Surya ini sangat membantu peran pemerintah terkait pemberian jaminan BPJS ketanaga kerjaan bagi pekerja rentan, jika hal seperti juga dikakukan disetiap perusahaan saya yakin semua pekerja akan mendapat jaminan terutama kalau ada sesuatu atas pekerja maka akan meringankan pekerja,” katanya.

baca juga :   Wabup Sidoarjo Kunjungi korban Puting Beliung Desa Kedung Wonokerto

Rumah Sakit Delta Surya sudah memberikan peran yang luar biasa bersama BPJS Ketenagakerjaan, sehingga pemerintah juga berharap pada perusahaan yang lain untuk bisa mengikuti agar nanti jaminan kesehatan kepada warga Sidoarjo sebagai pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) yang rentan terhadap resiko kecelakaan kerja dan kematian ini betul-betul bisa tercover dalam BPJS ketenagakerjaan.

“Hal ini harus kita dorong dan kita support agar Kabupaten Sidoarjo dapat terus memberi inovasi terutama dalam masalah ketenagakerjaan yang rentan dan tentunya ini tidak boleh hanya perintah daerah saja akan tetapi juga perusahaan, rumah sakit juga memliki tanggung jawab bersama. Semoga RS Delta Surya juga terus bisa memberikan inovasi-inovasi dalam membatu pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakat serta akan terus berkembang sebagai rumah sakit rujukan daerah,” tambahnya.

Direktur RSUD Delta Surya dr. Warih Kusuma Ningtyas, M.Kes mengatakan kalau rasa aman dalam bekerja memang sangat dibutuhkan oleh setiap pekerja tak terkecuali pekerja rentan/non pekerja upah dilingkungan Rumah Sakit Delta Surya. RS. Delta Surya sangat mendukung penuh dari program pemerintah termasuk program CSR ini, dengan turut berpartisipasi aktiv dalam gerakan nasional peduli perlindungan pekerja rentan (GN Lingkaran).

baca juga :   Diduga Lalai, Begini Penjelasan Pihak RSD Balung Jember

“Partisipatif aktiv ini adalah bentuk dari segmen sosial dari kami sebagai organisasi kesehatan yang juga bergerak di bidang kemanusiaan dan kami berharap kami juga turut serta mengurangi beban pengeluaran masyarakat sehingga kami yakin betul ketika bekerjasama dengan BPJS ketenaga kerjaan maka dana akan tersalurkan kepada 1000 pekerja rentan ini akan terkelola dengan baik, bersama kita bisa memberikan perlindungan kepada pekerja, semoga ini bisa mengurangi resiko juga akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Sentot Priadi perwakilan dari BPJS Ketenaga Kerjaan juga mengucapkan terimaksih kepada RS. Delta Surya yang sudah meyulurkan CSR untuk perlindungan pekerja rentan, CSR ini disalurkan kepada pekerja sekitar RS Delta Surya dan juga pada para keder kesehatan.

Selain itu, dengan kegiatan ini juga ingin membuka perusahaan –perusahaan mitra BPJS ketega kerjaan untuk dapat menyalurkan CSRnya dalam bidang social dalam bentuk perlindungan jaminan sosial.

“Peserta yang menerima CSR ini mendapat kan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian jadi pada saaat mereka menjalankan aktivitas, mereka akan mendapatkan perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jika sampai meninggal dunia tanpa melihat penyebab maka santunannya sebesar 42 jta oleh karena itu kami BPJS Ketegakerjaan sangat mengapresiasi atas penyaluran bantuan CSR dari RS Delta Surya kepada pekerja rentan yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

baca juga :   Diduga Lalai, Begini Penjelasan Pihak RSD Balung Jember

Sebagai informasi, bahwa RS. Delta Surya juga sudah menjadi rumah sakit pusat layanan Kecelakaan kerja rujukan BPJS dan menjadi mitra sejak tahun 2019 selain itu juga merupakan rumah sakit rujukan bagi para ojek online jika terjadi kecelakaan kerja.

“Mudah-mudahan RS. Delta Surya dapat memberikan pelayanan terbaik, bagi peserta BPJS Ketengakerjaan dan apabila ada masalah dalam ketenagakerjaan bisa menghubungi pihak BPJS ketenagakerjaan maka kami kan bantu prosesnya,” pungkasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com