Rutan Wanita di Surabaya Kini Dilengkapi Delapan Apar

  • Bagikan

Surabaya , Transnews.co.id – Kantor Wilayah Kemneterian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Jawa Timur terus melengkapi rumah tahanan khsuus perempuan dengan berbagai sarana dan prasarana, termasuk penyediaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Rutan yang berada di Desa Kebonagung Porong itu menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya untuk melengkapi APAR di beberapa titik rawan.

Pemasangan delapan unit APAR jenis dry powder dan carbon dioxide tersebut, ditempatkan di beberapa titik rawan. Seperti kantor teknis, area pintu utama (P2U), pos komandan jaga, dapur, bengkel kerja, dan blok hunian.

  Gubernur Khofifah Launching 5G Experience Center di ITS

“Tim damkar telah melakukan peninjauan lokasi pada Jumat (10/9) lalu. “Ternyata tim damkar menyarankan agar kami menambah beberapa APAR dan langsung ditindaklanjuti hari ini,” ujar Karutan Amiek Diyah Ambarwati.Senin,(13/92021).

  Jelang PON Papua 2020, Atlet Puslatda Loncat Indah Jatim Gelar Simulasi

Amiek melanjutkan, langkah itu diambil sebagai salah satu upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Amiek menyatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan penguatan dari sisi SDM. Mengingat mayoritas petugas adalah perempuan.

“Kami juga berencana mengadakan pelatihan petugas, agar petugas kami punya pengalaman,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono menekankan bahwa meski bangunan gedung Rutan Perempuan tergolong baru, namun harus tetap waspada.

  Kadinsos Jatim Berikan Motivasi Klien PPSAA Sumenep

Dia katakan, petugas harus memiliki kemampuan yang sama dalam penanganan bencana. Sehingga, sangat penting ada pelatihan teknis penanganan bencana di sana.

“Rutan Perempuan ini kan termasuk satker dengan perlakuan khusus, sehingga memang perhatiannya harus lebih besar,” tutup Krismono. (HD)

 934 views

  • Bagikan