Sambut HUT Bhayangkara ke-77, Polri Gelar Baksos Kesehatan Serentak di Seluruh Indonesia

Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo bersama Gubenur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa,hadiri bakti sosial kesehatan dan kegiatan merupakan serangkaiyan dari hari Bayangkara ke 77
Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo bersama Gubenur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa,hadiri bakti sosial kesehatan dan kegiatan merupakan serangkaiyan dari hari Bayangkara ke 77

JAWA TIMUR, transnews.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menghadiri kegiatan Bakti Sosial Kesehatan di Jawa Timur pada hari Kamis, (22/6/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Bhayangkara ke-77.

Menurut Sigit, kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Mantan Kapolda Banten itu sengaja memilih Jawa Timur sebagai pusat kegiatan karena ada beberapa hal yang menjadi program unggulan, salah satunya aplikasi Tanya Dokkes Presisi.

Aplikasi ini bisa menghubungkan antara masyarakat dan dokter polisi sehingga warga bisa langsung berinteraksi apabila membutuhkan pertolongan.

“Alhamdulillah ada beberapa rangkaian kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang kita laksanakan hari ini. Mulai dari operasi katarak, bibir sumbing, pelayanan kesehatan umum dan juga masalah stunting yang menjadi perhatian kita semua,” kata Sigit.

baca juga :   Resmikan Rumah Ibadah di Kepri, Kapolri: "Bagian Etalase Kerukunan dan Toleransi Beragama"

Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini dibarengi dengan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dan meraih rekor MURI dengan jumlah peserta sebanyak 38.500 orang.

Sigit berharap dengan pelatihan para peserta dapat mengaplikasikannya di daerahnya masing-masing. Misalnya jika ada anak-anak atau orang yang mengalami gangguan, apakah sesak napas atau yang terindikasi jantung bisa dilakukan langkah cepat.

“Dan Alhamdulillah pelatihan ini diikuti cukup banyak kurang lebih 38.500 peserta dan melampaui rekor sebelumnya. Tapi yang paling penting bahwa kegiatan kali ini menjadi kegiatan yang betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat khususnya yang menderita penyakit. Demi keselamatan masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat sebelum dirawat ke rumah sakit,” ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

baca juga :   Kapolri Tinjau Pengungsi Korban Erupsi Semeru Lumajang

Lebih jauh Sigit mengungkapkan kegiatan Bakti Sosial Kesehatan ini merupakan bagian dari HUT Bhayangkara ke-77. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jatim, serta rekan-rekan yang telah menyiapkan tempat, media, dan sinergisitas dari seluruh jajaran Forkopimda, sehingga program bersama mewujudkan SDM unggul yang menjadi harapan pemerintah betul-betul bisa terwujud.

Kemudian, warga di Aula Tribrata Polda Sulut, masyarakat di RS Bhayangkara Jawa Tengah, dan perwakilan di RS Bhayangkara Papua.

Untuk diketahui, Bakti Kesehatan digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77, dan kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 1 sampai dengan 30 Juni 2023.

baca juga :   Polda Sumsel Gelar Zoom Meeting Terkait Pemantapan Polri

Adapun kegiatan yang dilakukan seperti, donor darah sebanyak 43.618 orang, operasi celah bibir dan lelangit 544 orang, vaksinasi 1.388.420 orang, khitanan 7.081 orang, operasi Katarak 1.092 orang, pengobatan 30.571 orang, home visit terhadap PNPP 1.749 orang, bantuan hidup dasar 38.500 orang, pencegahan stunting 6.091 orang, dan kegiatan lainnya 20.556 orang.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com