Sepanjang KTT ASEAN, Bandara Komodo Beroperasi 24 Jam

transnews.co.id || Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kelancaran lalu lintas penerbangan dari dan menuju ke Labuan Bajo selama masa penyelenggaraan KTT ASEAN pada 9-11 Mei 2023.

Menhub Budi Karya mengatakan sepanjang pelaksanaan KTT ASEAN, operasional Bandara Komodo akan buka selama 24 jam. Bahkan, telah disiapkan juga penambahan atau extra flight untuk penerbangan reguler.

“Selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, kami tidak menutup akses penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo, bahkan operasional bandara kami buka 24 jam dan ada penambahan atau extra flight, untuk penerbangan reguler,” kata Budi Karya dalam keterangan resmi, Minggu (7/5).

baca juga :   TNI Kerahkan 12 Ribu Prajurit untuk Pengamanan KTT ASEAN

Menurutnya, pengaturan tersebut sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023.

Kebijakan tersebut mulai berlaku pada 7 sampai dengan 13 Mei 2023. Dalam SE tersebut juga telah disampaikan kepada penyelenggara angkutan udara baik operator bandara maupun penerbangan jauh-jauh hari, agar lebih siap untuk mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan.

“Kami mengimbau kepada pengelola maskapai dan bandara, untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada para penumpang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Surat Edaran. Seperti misalnya, informasi perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses refund, dan lain sebagainya,” jelas Menhub.

baca juga :   Kaskoarmada II Pimpin Apel Gelar Pasukan Pelepasan Satgasla TNI AL

Dilansir kominfo.go.id, Bandara Komodo menjadi pintu masuk utama bagi para delegasi kenegaraan KTT ke-42 ASEAN 2023. Bandara yang berlokasi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini memiliki ciri khas bentuk bangunan yang menyerupai hewan endemik Indonesia yatu Komodo.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan RI, Bandara Komodo siap melayani penerbangan VVIP dan komersial, serta jadi tempat pendaratan pesawat delegasi peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023.

baca juga :   Mengintip Perjuangan Petugas Siaga PLN Dibalik Sukses dan Gemerlapnya KTT ASEAN di Labuan Bajo

Bandara Komodo memiliki panjang landasan pacu sebesar 2.650 dan lebar 45 meter, serta terminal penumpang Luas  seluas 13.366 m2. Saat ini bandara sudah dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738. 

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com