Sidang Isbat: Idul Adha Jatuh Pada Hari Minggu 11 Agustus 2019

Jakarta, Transnews.co.id- Pemerintah melalui Dirjen Bimas Islam Kementrian Agama, menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah, jatuh pada hari Minggu 11 Agustus 2019.

Ketetapan ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Muhammadiyah Amin, mewakili Menteri Agama dalam jumpa pers usai Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1440H yang dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama Jln. MH Thamrin, Jakarta, Kamis (1/8/19) malam.

Sidang yang dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dihadiri oleh perwakilan MUI, unsur pimpinan Komisi VIII DPR RI , sejumlah Duta Besar negara sahabat, perwakilan negara sahabat, sejumlah pimpinan ormas Islam, dan sejumlah pejabat di eselon I dan II Kementerian Agama.

“Seluruh peserta Sidang Isbat bersepakat bahwa 1 Dzulhijjah jatuh pada Jumat, 2 Agustus 2019,” kata Dirjend.

Sebelum Sidang Isbat dilakukan, dari tim Hisab Rukyat Kementerian Agama menyampaikan paparannya tentang posisi hilal.

Penetapan posisi hilal berdasar hisab sudah berada di atas ufuk, yaitu 2 derajat 4 menit sampai dengan 3 derajat 57 menit.

“Untuk konfirmasi atas informasi tersebut, dilakukan rukyatul hilal di 92 titik di wilayah Nusantara,” Pungkasnya. (Nas)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com