Studio Photo ‘Tians Production’ Contoh Kolaborasi Milenial Siasati Ekonomi Saat Pandemi

Garut,transnews.co.id-Berawal dari hobinya yang suka memotret dan hunting foto di berbagai tempat menarik,kini Faisal dan sahabatnya Tians membuka usaha jasa photo di Pertigaan jalan Raya Pangalengan -Cisewu, atau tepatnya Kp.Genteng Desa Sukalaksana,Kecamatan Talegong Kabupaten Garut.

Sahabat yang memang dulunya satu sekolah ini,sekarang sedang merintis dan menekuni bisnis fotografi meski di usia yang masih relatif muda,mereka membuka usaha studio foto ini diberi nama Tians Production,nama yang diambil dari salah seorang perintisnya.

Kepada transnews,Faisal mengatakan, awal mulanya membuka usaha foto ini, saat dimana ekonominya ikut terdampak yang diakibatkan oleh Kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 yang sedang melanda bangsa ini,”ujar Faisal Senin (22/3/2021).

Kondisi dimana banyaknya para pelaku usaha harus memutar otak agar bisnis dan perusahaannya tetap berjalan, sehingga Tians, Faisal serta beberapa temannya pun memutuskan untuk banting setir merintis dan menekuni bisnis Fotografi, Traveling dan membuka Photo Studio.

“Akhirnya saya dengan beberapa teman yang lainnya berembuk untuk mengumpulkan modal awal.Alhamdulillah bisa terkumpul dan kamipun segera membeli peralatan dengan uang hasil dari patungan tersebut,”ungkapnya.

Sementara rekan Tians mengatakan,selama tiga bulan pertama membuka usaha jasa photo ini, dia dan rekannya Faisal mengalami masa-masa sulit untuk mengembangkan usaha mereka.

“Kalaupun ada keuntungan hanya cukup untuk bayar uang sewa dan juga untuk keperluan makan sehari-sehari,”ujarnya.

Dikatakannya awalnya memang kami mengalami masa-masa sulit untuk mengembangkan usaha jasa photo ini, namun proses perjalanan waktu.

“Saat ini Alhamdulillah usaha kami meskipun masih terbilang kecil,usaha kami sedang berjalan dan orang-orang disekitar wilayah kecamatan Talegong sebagiannya sudah pada mengetahuinya,”katanya.

Sementara itu Faisal juga menjelaskan, walaupun masih tergolong baru dalam menekuni usaha dan bisnis ini, sekarang konsumen sudah ada yang ingin menggunakan jasa kami seperti untuk Photo Wedding dan Prewedding.

“Hal ini dikarenakan kami selalu aktif mempromosikan usaha dan hasil photo kami di berbagai media sosial,”ujarnya.

Selain itu kata Faisal,untuk memiliki usaha seperti studio foto ini setidaknya harus memiliki sebuah ruangan untuk meletakkan peralatan kerja,serta tempat untuk memajang berbagai fasilitas keperluan untuk foto, serta ruang studio mini untuk melakukan pemotretan pun harus ada,ya Ukuran 3 X 3 M juga sudah cukup,”ujar Faisal.

Menurutnya,ada satu hal lagi untuk mendukung hasil dari pemotretan Tema studio pun harus berkarakter serta untuk pencahayaan pun harus memadai.

“Kita juga harus menyediakan dan menggunakan komputer serta mengerti akan program editing gambar, misalnya photo frame, editing, program – program yang lainnya,”tutur Faisal.

Faisal mengatakan,untuk bahan seperti Photopaper pun saya sarankan jangan memakai photo paper yang biasa, karena hasil cetaknya bisa kurang maksimal.

“Yang terpenting kita juga harus bisa mencari angel, view, dan jarak fokus yang bagus dengan menyesuaikan kamera yang kita gunakan,”ucapnya.

Tians Production juga melayani berbagai kebutuhan untuk konsumen seperti, Preweding, Wedding, Videography, personal, Photo dokumentasi,dan family photo

“Alhamdulillah Studio Photo kami juga sudah mempunyai Model Talent sendiri,”pungkas Tians. (Yan Fajari) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com