Supaya Berkembang, DPMD Jabar Akan Sekolahkan 200 Pengurus BUMdes

Kota Bandung, TransNews.co id-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat akan menyekolahkan 200 desa dalam Program Sekolah BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) tahun ini.

“Sekolah Bumdes merupakan salah satu upaya dalam mendorong seluruh desa di Jabar memiliki BUMDes,” ujar Kepala Dinas PMD Jabar Bambang Tirtoyuliono di Bandung, Rabu (17/2/2021).

Bambang mengungkapkan saat ini dari 5.312 desa di Jabar baru 4.921 desa yang memiliki Bumdes namun tidak semuanya aktif.

“Jadi sekolah itu akan menghadirkan pengurus BUMDes bahkan dengan kepala desa yang diberikan pelatihan pengelolaan usaha agar BUMDes berkembang,” terangnya.

Menurut Bambang, ke 200 desa tersebut akan dikelompokkan sesuai dengan potensi usaha mereka kedalam kelompok pertanian dan non pertanian.

Pihaknya akan menyusun kriteria untuk disampaikan pada pemerintah kabupaten. Selanjutnya pemerintah kabupaten akan menunjuk desa mana yang sesuai dengan kriteria.

“Nanti sekolahnya ada offline dan online di mix dengan sekolah lapangan. Tempatnya bisa di Disnakertrans dengan protokol kesehatan,” katanya.

Jika program berhasil, Bambang menargetkan 2023 setidaknya semua desa di Jabar sudah memiliki BUMDes.

“Soal BUMDes kami dukung dorong untuk segera dibentuk yang targetnya 2023 nanti, 5.312 desa punya BUMDes,” ucapnya.

Kondisi pandemi saat ini,sambungnya sendi perekonomian yang masih bisa bertahan itu UMKM dan ketahanan pangan. Bicara tentang ekonomi, salah satunya kelembagaan BUMDes. Sejauh ini, BUMDes di Jabar menjalankan sembilan jenis usaha.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com