Taruna Taruni SMK Pelayaran Lusiana Angkatan 32 Dilantik

Suasana Pelantikan Taruna dan Taruni SMK Pelayaran Lusiana. (Photo-BM)
Tangerang, transnews- Sebanyak 33 Taruna dan 4 Taruni baru SMK Pelayaran Lusiana angkatan
Usai Pelantikan tradisi bersalaman selalu dilakukan sebagai bentuk terimakasih. (Photo-BM)
32 Sabtu pagi (24/8/19) dilantik. Taruna Taruni tampak memasuki lapangan upacara pelantikan dengan langkah tegap dan posisi badan sempurna dan pandangan mata lurus ke depan. Masa depan sebagai perwira laut siap mereka raih.

Upacara sendiri digelar di lapangan sekolah SMK Pelayaran Lusiana yang berada di jalan Nusa Dua No 48, Bencongan, Kelapa Dua, Kab Tangerang, Provinsi Banten.

Hebatnya para Taruna dan Taruni tak hanya datang dari seputaran wilayah Tangerang. Ada yang datang dari Medan, Lampung, Cianjur, Tasikmalaya, Ciamis, Palu bahkan Manado. Mereka mendaftar secara online dan didukung penuh para orangtuanya.

Selain dewan guru, perwakilan orang tua pun ikut menghadiri upacara pelantikan. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang diikuti janji siswa.

Dilanjutkan dengan penyematan pangkat dan lencana oleh Inspektur Upacara Jassin Moa sebagai penanda mereka resmi menjadi Taruna Taruni.

Inspektur upacara dalam amanahnya, mengucapan terima kasih pada para orang tua atas peran serta mereka. Dan mohon agar orang tua tidak perlu khawatir akan stigma buruk yang beredar di luar, bahwa sekolah memang mempunyai kedisplinan yang ketat, untuk pembentukan karakter Taruna Taruni.

“Disiplin yang kami ajarkan adalah pembekalan. Kelalaian dapat menjadi petaka. Maka bagi para Taruna Taruni jangan pernah menyerah,” Ujar Jasin, selaku Inspektur upacara.

Jassin mengatakan, untuk pembentukan karakter mereka bekerjasama dengan Kodim 05/06 Curug, Kab Tangerang. Di kesempatan ini pula, Jassin menerangkan bahwa SMK Pelayaran Lusiana menjadi satu-satunya di provinsi Banten yang mendapat Approved dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub RI. Akreditasi pun telah mereka dapatkan dari BAN S/M Provinsi Banten.

“Dari 197 sekolah pelayaran yang ada di Indonesia, sekolah ini termasuk yang mendapatkan Approved dari 33 sekolah yang mendapatkan itu.”

Jassin menambahkan masa depan Taruna Taruni akan semakin baik, sebab saat ini permintaan bantuan pada Kemendikbud atas simulator penunjang sedang dalam proses.

“Bantuan simulator pendukung, seperti Bridge Simulator dan Engine Simulator secepatnya datang Oktober ini. Karena sekolah ini masuk daftar nomor 1 untuk bantuan dari Kemendikbud.”

Sekolah yang mengajarkan dua jurusan pelayaran yaitu Nautika Pelayaran Niaga dan Teknika Pelayaran Niaga ini, akan terus hidup untuk mencetak para Taruna Taruni yang hebat dan dapat diandalkan.

“You Will be on deck. Maka dari itu, teruslah maju jangan menyerah. Apapun rintangannya tak perlu takut. Kami dewan guru siap membimbing kalian,” tutup Jassin dalam amanah nya pada para Taruna Taruni.

Di akhir acara lagu Mars Lusiana dikumandang kan. Semua dewan guru mendatangi para Taruna Taruni baru untuk bersalaman.

Bravo SMK Pelayaran Lusiana. Terus maju di depan demi kecintaan pada Maritim Indonesia. (BM-AS)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com