Tiga Provinsi Ikut Peserta Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran Ke 22

Cianjur,transnews.co.id- Tiga Provinsi yakni Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat mengikuti kegiatan Daya Mahasiswa Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ke 22 di Hotel Delamar Cipanas Cianjur, Kamis (14/11/19).

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Yudi Irawan, Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran memperebutkan Piala Bergilir, Piala Emas Sinilih Pancaniti untuk juara pertama, dan Piala Pangyuga Utama (Gubernur Jawa Barat) untuk juara umum, serta lima piala tetap untuk lima peserta terbaik, serta sejumlah uang pembinaan,”jelasnya.

Yudi menambahkan, penyelenggaraan Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ini bertujuan untuk mengembangkan, peranan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa melalui organisasi yang ada.

Disamping itu, lanjut Yudi, untuk tercapainya suatu pengertian akan jiwa kepribadian yang ideal dari masyarakat Indonesia, dengan jalur budaya yang meliputi keinginan sesuai dengan pola kehidupan Bhinneka Tunggal Ika,”papar Yudi.

Yudi menjelaskan, kegiatan tembang suda Cianjuran sudah ada sejak tahun 1962.Kenapa di langsungkan kegiatannya di Cianjur,karena ingin membangkitkan kembali tembang sunda Cianjuran di tanah kelahirannya.

“Saya berharap, kesenian dan kebudayaan Cianjuran bisa menjadi mata pelajaran muatan lokal disekolah -sekolah, khususnya di Cianjur,”harap Yudi.

Plt. Bupati Cianjur H. Herman Suherman usai membuka secara resmi kegiatan mengapresiasi kepada Daya Mahasiswa Sunda karena sudah percaya kepada Kabupaten Cianjur untuk menyelenggarakan Pasanggiri Tembang Sunda Cianjuran ke 22 tahun 2019 di Kabupaten Cianjur.

“Karena tembang ini berasal dari Cianjur maka kita harus jaga dan terus membangkitkan dan mengembangkannya,”kata Herman. (Aliansyah)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com