Upaya Dukung Ketahanan Pangan: Tiga SMKN Ikut Pelatihan Edukasi Pertanian

80 seconds reading this post

inilah peserta kegiatan Laboratorium Edukasi Tani di Kab Subang. (ist)
Subang, transnews.co.id-Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi membuka kegiatan Laboratorium Edukasi Tani di Ballroom Fave Hotel Subang. Rabu (27/11)

Kegiatan edukasi tani merupakan tahun ke dua di selenggarakannyan di Kabupaten Subang, dengan pemateri Prof. Ir. Ambar Pertiwiningrum, M.Si., Ph.D.,IPM dari fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Edukasi tani merupakan program pengembangan SMK Pertanian untuk mendukung Ketahanan Pangan berbasis potensi lokal melalui pendekatan implementasi laboratorium edukasi tani (Lareta), dalam rangka pelaksanaan program bantuan pengembangan SMK pertanian Tahun 2019.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh tiga sekolah kejuruan yaitu SMKN Kasomalang, SMKN 2 Cipunagara, SMKN 1 Cipeundeuy.
Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari sekolah Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Subang dan berbagai bidang terkait di OPD Subang yang mewakili.

Wakil Bupati Subang mengatakan, berharap ada perubahan yang signifikan bagi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini. Ke depan harapannya bisa lebih baik dalam penyediaan pangan maupun terciptanya produk-produk hasil pertanian nantinya dan menghasilkan produk produk unggulan.

“Saya pribadi yakin jika diimplementasikan, maka program tersebut mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga menghasilkan petani-petani milenial yang siap berinovasi dan berkreasi,”ujarnya.

Sedangkan Guru Besar UGM, Prof Ir Ambar Pertiwinigrum MSi PhD IPM. Selaku nara sumber dalam pendampingan program pengembangan SMK Pertanian berusaha membuka wawasan serta memberikan motivasi terkait pentingnya peran petani melenial yang handal dan berkompeten dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia.

“Saat ini pada umumnya usia para petani sudah tua dan tenaganya sudah mulai berkurang. Saatnya kalian para milenial yang akan melakukan jihad pangan untuk mewujudkan ketangguhan pangan nasional,”paparnya. (Wahyu)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com