Wagub Emil: Jatim Adalah Tempat yang Tepat Memulai Bisnis

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, saat menghadiri Talenta Usaha Bank Syariah Indonesia (BSI) di Universitas Muhammadiyah Malang, Kota Malang, Senin (14/2/2022). )

Malang, Transnews.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan, bahwa Jawa Timur merupakan tempat yang tepat untuk merintis bisnis.

Hal tersebut dikatakannya, mengingat Jatim merupakan salah satu daerah perekonomian terkuat dengan jumlah penduduk mencapai 40 juta orang. Di mana, setelah mengalami kontraksi ekonomi sebesar 2,3% pada 2020 lalu, Jatim mampu pulih di tengah krisis pandemi.

“Untuk kalian yang ingin sukses merintis wirausaha dan berkembang, kalian ada di tempat yang tepat. Jatim ini walaupun ekonominya sempat kontraksi dan berdampak pada lapangan kerja, sudah bisa bertumbuh 3,57% setelahnya,” ucapnya saat menghadiri Talenta Usaha Bank Syariah Indonesia (BSI) di Universitas Muhammadiyah Malang, Kota Malang, Senin (14/2/2022).

Emil menambahkan, perekonomian Jatim merupakan perekonomian terbesar kedua Indonesia setelah Jakarta. Hal ini membuat peluangnya sebagai raksasa ekonomi syariah semakin terbuka lebar.

baca juga :   Wagub Emil Optimis PPAT Jadi Mitra Sukseskan Sertifikasi Aset di Jatim

“Sebenarnya dibanding dengan Brunei Darussalam, kita lebih punya kesempatan yang besar membranding diri dengan ekonomi syariah. Tapi untuk mendapatkan itu, dunia harus mengakui kita dan itulah yang sedang kita upayakan sekarang,” terangnya.

Selain itu, lanjut Emil, hal lain yang membuat ekonomi Jatim sangat potensial adalah letak geografis dan rute laut yang dimiliki. Hal itu menjadikan Jatim menjadi penyumbang 20% volume perdagangan Indonesia.

“Ini adalah potensi luar biasa dan merupakan aset besar yang harus kita manfaatkan. Jangan sampai masalah-masalah seperti rasa takut ataupun krisis Covid-19 ini membuat kita enggan mengambil langkah,” ujarnya.

baca juga :   Jelang Nataru 2021/2022, Pemkot Malang Pantau Stok Bapok

“Tidak ada dalam kamus hari ini bahwa kita bisa menyelesaikan Covid-19 dengan sembunyi di rumah. Bukan sombong, tapi kita harus terus berproduktif dengan penuh pertimbangan, kehati-hatian, serta prokes yang ketat,” tuturnya.

Dengan pendekatan terkalkulasi cermat seperti yang disebutkannya, Emil kemudian mengatakan bahwa cita-cita Jatim untuk unggul dalam perekonomian syariah tidak akan hanya menjadi sekedar wacana saja.

“Seperti tagline kita, yakni Optimis Jatim Bangkit, saya yakin perekonomian kita baik yang konvensional maupun syariah akan terus meningkat. Dengan generasi yang hebat, universitas keren seperti UMM, dan raksasa ekonomi syariah seperti BSI, saya optimis kita bisa,” terangnya.

Di akhir, mantan Bupati Trenggalek itu mengapresiasi program yang senantiasa dijalankan oleh BSI. Pasalnya, anak-anak muda membutuhkan support dari berbagai pihak untuk menyukseskan bisnis yang dirintis.

baca juga :   Jelang Lebaran, Pemkot Malang Perbaiki Tiga Lokasi Jalan

“Dunai terlalu dinamis untuk hidup kita divonis hanya dengan jurusan kuliah. Makanya ada program seperti ini, agar semua prospek bisa diambil oleh semua jurusan. Yang penting gak gaptek dan kreatif. Saya apresiasi sekali BSI atas inovasi ini,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Komisaris independen BSI Arief Rosyid Hasan beserta Rektor UMM Fauzan.(hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com