Wamendes PDTT Resmikan Desa Digital Cirangkong di Subang

Subang, transnews.co.id- Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang Jawa Barat, diresmikan sebagau desa Digital oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Budi Arie Setiadi,Kamis (18/6/20).

Usai meresmikan dilaksanakan penandatanganan prasasti symbol diresmikannya program pembangunan desa digital oleh Wakil Menteri Desa.

Dalam sambutannya Wamendes Budi menyampaikan bahwa Indonesia saat ini menduduki rangking ke-4 dunia dalam pertumbuhan penggunaan internet sebesar 13% menurut Internet WorldStat, ITU, dan Bank Dunia (Growth Figured Base On Data In We are Social & Hootsuite’s Digital 2018’Reports),”ungkap Wamendes.

Budi menjelaskan,pertumbuhan penggunaan internet akan semakin pesat seiring dengan Program Desa Digital dan akselerasi percepatan koneksi 13.577 desa yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dikatakan Budi, dengan penandatangan peresmian Program Desa Digital Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika(KOMINFO) Republik Indonesia, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) di Desa Cirangkong, merupakan sinergi yang akan menjadikan Desa Digital sebagai tulang punggung yang kuat dan signifikan bagi pemerintahan pusat dalam Tata Kelola Pemerintahan Satu Data, eGOV,”ujar Budi.

Budi menambahkan pemanfaatan teknologi digital, diharapkan mampu memasarkan potensi desa, melakukan efisiensi tata kelola pemerintahan desa, penggunaan internet of thinking (IOT) untuk pertanian, smart auto feeder perikanan, serta mendukung kegiatan pengajaran dan kesehatan, terutama di saat pandemi Covid-19,”pungkas Budi.

Setelah melaksanakan peresmian Desa Digital di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Wamen PDTT melanjutkan kunjungan ke Ponpes Al-Ikhlas Raudhatul Ulum yang merupakan Ponpes berbasis digital di Kp. Cijerihilir Ds. Tenjolaya Kec. Kasomalang.(Ris/HMs)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com