DAERAH  

Wapres Sebut Konsep Huntara Semeru Model Perkampungan Relokasi Ideal

Lumajang, Transnews.co.id – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyebut bahwa hunian sementara (huntara) untuk masyarakat terdampak erupsi gunung semeru sebagai model perkampungan relokasi yang ideal.

“Ini betul-betul permukiman yang ideal, bagus, air minumnya setiap keluarga sudah disiapkan, bahkan pengolahan limbahnya juga, ini disiapkan dalam perencanaan yang terpadu. Ini model perkampuangan yang ideal,” ujarnya saat meninjau tempat relokasi di Desa Sumbermujur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022).

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah Pemkab Lumajang dalam mempersiapkan pembangunan huntara, dan berharap agar pembangunannya bisa segera diselesaikan agar para pengungsi kembali hidup normal.

baca juga :   Bantu Korban Erupsi Semeru, Kota Mojokerto Kirim Bantuan Sosial dan Relawan

“Tentu permintaan saya secepatnya sesuai dengan permintaan para pengungsi agar hari raya bisa ditempati,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menjelaskan, bahwa untuk kelangsungan perekonomian pascabencana, ia mempersilakan lahan milik mereka tetap menjadi haknya namun dengan catatan peruntukannya bukan untuk hunian kembali.

baca juga :   Erupsi Semeru, PLN Fokus Amankan Suplai Listrik Wilayah Kabupaten Lumajang

Selain itu, pihaknya juga akan membangunkan beberapa fasilitas umum, salah satunya adalah kandang terpadu agar masyarakat mendapatkan penghasilan dari itu.

“Kita saat ini sedang merencanakan pembangunan kandang terpadu, untuk pertanian lahan yang mereka miliki tetap menjadi lahan mereka. Tentu butuh waktu untuk mereka bercocok tanam kembali, mungkin bisa dijadikan tanaman perkebunan seperti sengon atau lainnya,” jelasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com