Wapres Sebut Konsep Huntara Semeru Model Perkampungan Relokasi Ideal

  • Bagikan

Lumajang, Transnews.co.id – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyebut bahwa hunian sementara (huntara) untuk masyarakat terdampak erupsi gunung semeru sebagai model perkampungan relokasi yang ideal.

“Ini betul-betul permukiman yang ideal, bagus, air minumnya setiap keluarga sudah disiapkan, bahkan pengolahan limbahnya juga, ini disiapkan dalam perencanaan yang terpadu. Ini model perkampuangan yang ideal,” ujarnya saat meninjau tempat relokasi di Desa Sumbermujur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga :   Bupati Lumajang Beri Penghargaan Tim Penanganan Identifikasi Korban Bencana APG Gunung Semeru

Wapres Ma’ruf Amin mengapresiasi langkah Pemkab Lumajang dalam mempersiapkan pembangunan huntara, dan berharap agar pembangunannya bisa segera diselesaikan agar para pengungsi kembali hidup normal.

“Tentu permintaan saya secepatnya sesuai dengan permintaan para pengungsi agar hari raya bisa ditempati,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) menjelaskan, bahwa untuk kelangsungan perekonomian pascabencana, ia mempersilakan lahan milik mereka tetap menjadi haknya namun dengan catatan peruntukannya bukan untuk hunian kembali.

Baca Juga :   Tangani Sampah Pasca Bencana APG Semeru, DLH Lumajang Bentuk TIM URC

Selain itu, pihaknya juga akan membangunkan beberapa fasilitas umum, salah satunya adalah kandang terpadu agar masyarakat mendapatkan penghasilan dari itu.

“Kita saat ini sedang merencanakan pembangunan kandang terpadu, untuk pertanian lahan yang mereka miliki tetap menjadi lahan mereka. Tentu butuh waktu untuk mereka bercocok tanam kembali, mungkin bisa dijadikan tanaman perkebunan seperti sengon atau lainnya,” jelasnya.

 61 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga :   TNI Bersama Relawan Bersihkan Akses Jalan Menuju Geladak Perak
  • Bagikan
error: Content is protected !!