Festival Gunung Sahilan 2022 Diharapkan Dorong Pelestarian Budaya

Pekanbaru, Transnews.co.id – Festival Gunung Sahilan 2022 di Kabupaten Kampar, Riau diharapkan dapat mendorong berbagai upaya melestarikan dan memberdayakan potensi keunikan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada.

“Mari kita dorong untuk melestarikan budaya,” wagub saat menghadiri Festival Gunung Sahilan 2022, di Komplek Istana Darussalam Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan.

Menurutnya, pelestarian budaya ini sangat penting, karena cenderung mengalami ancaman kepunahan akibat arus globalisasi yang sangat gencar dan telah memasuki wilayah perdesaan.

baca juga :   Disnaker Riau Catat Ada 222 TKA selama 2021

“Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat. Sehingga pengembangan kearifan lokal tetap memegang nilai-nilai luhur khas masyarakat Gunung Sahilan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan memegang nilai-nila luhur yang tertanam dalam keseharian masyarakat lokal, maka kearifan lokal dapat berkembang secara mandiri dengan tetap mengusung semangat kebersamaan khas masyarakat Gunung Sahilan.

Wagub juga menjelaskan, Festival Gunung Sahilan 2022 dapat menggali segala potensi yang ada di Kabupaten Kampar, salah satunya pengembangan potensi sebagai tempat tujuan wisata kreatif di Kampar Kiri.

baca juga :   Disbudpar Pekanbaru dan DWP Kunjungi 5 Lokasi Cagar Budaya

Lanjut dia, sehingga nantinya dapat dilakukan pengembangan sarana dan prasarana, infrastruktur, sumber daya manusia, serta peningkatan peran dan pertumbuhan industri jasa, pariwisata dan perdagangan di Kabupaten Kampar, khususnya di Gunung Sahilan Kampar Kiri.

“Kegiatan yang dikemas dengan baik, kreatif dan produktif ini sangat diperlukan oleh masyarakat, dengan harapan membawa dampak perkembangan pariwisata dan perekonomian di wilayah Kabupaten Kampar,” tuturnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com