BPS Rilis Perkembangan Pariwisata Riau

  • Bagikan

Pekanbaru, Transnews.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau telah merilis perkembangan Pariwisata di Riau periode Maret 2022.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengatakan, data yang dirilis ini terdiri atas kumpulan data dan informasi dari berbagai aktivitas di sektor pariwisata yang meliputi jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Provinsi Riau.

Selain itu, data dari Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang dan Rata-rata Lama Menginap Tamu Asing dan Tamu Indonesia di Hotel Berbintang.

Kemudian, data jumlah wisatawan mancanegara merupakan data wisatawan yang masuk melalui pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan tiga pelabuhan laut yang ada di Riau yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti.

Baca Juga :   Wawako Pekanbaru Dampingi Menko PMK Salurkan Bantuan Sembako

Yang mana, pada periode Maret 2022, tidak ada satupun wisman yang tercatat datang ke Riau.

“Masih adanya Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Riau,” kata Misfaruddin di Pekanbaru, Selasa (10/5/2022).

Bahkan, lanjutnya, dalam sembilan bulan terakhir ini, tidak ada kunjungan wisman yang tercatat datang ke Riau, baik melalui pintu udara maupun pintu laut.

Baca Juga :   Lolos 50 Besar ADWI 2021, Desa Bubohu Gorontalo Andalkan Wisata Religi Berbasis Alam

Hal ini lantaran, memasuki 2022 hingga Maret, pemerintah masih menutup pintu masuk wisman dari Riau meskipun kasus COVID-19 sudah mulai berkurang.

“Alhamdulillah, pada awal Mei ini, pelabuhan internasional Dumai yang melayani Dumai-Malaka mulai dibuka,”imbuhnya.

Sebagai pengingat, Misfaruddin menambahkan, pada awal pandemi atau Maret 2020, jumlah wisman yang masuk ke Riau masih tinggi.

Kemudian, berkurang drastis saat pandemi COVID – 19 mulai terjadi yaitu April, hampir tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II.

Baca Juga :   DLHK Pekanbaru Rutin Awasi Pengolahan Limbah Perusahaan

“Lalu berlanjut selama tahun 2021 dan Maret tahun 2022, sektor pariwisata masih terkena dampak pandemi COVID 19. Tidak ada wisman yang tercatat datang ke Riau melalui Bandara SSK II dalam waktu sembilan bulan terakhir,” tambahnya.

 40 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan