DAERAH  

Alumni Lemhannas Jatim Bantu Warga Terdampak APG Gunung Semeru Lumajang

Jajaran Pengurus IKAL Jatim saat membagikan bantuan pada korban APG gunung Semeru di Lumajang.Sabtu (11/12).

Lumajang, Transnews.co.id – Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Jawa Timur melakukan bakti sosial dengan mengirimkan paket bantuan bagi warga terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru, Sabtu (11/12/2021).

Arief Budiman, ketua panitia Baksos IKAL Jatim mengatakan, bahwa proses penggalangan donasi dilakukan sebelumnya dari internal anggota IKAL Jatim dan beberapa pihak lain, hanya dalam waktu lima hari mampu mengumpulkan uang senilai Rp 94 jutaan dan beberapa paket bantuan untuk kebutuhan pangan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Hasil donasi kami belanjakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang terdampak APG gunung Semeru,” kata Arief.

baca juga :   Gubernur Jawa Timur Minta Warga Sabar dan Tidak Dekati Zona Merah

Masih menurut Arief, paket bantuan yang kami berikan berisi kebutuhan keseharian. Seperti peralatan mandi, baju dalam, obat-obatan, selimut, masker, dan sebagainya.

“Prinsipnya, kami ingin bantuan yang kami berikan tersebut tepat sasaran dan sesuai dengan yang warga inginkan,” tambah Arif.

Kesungguhan dan komitmen agar bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran ditunjukkan dengan terjun langsungnya para pengurus IKAL Jatim ke Lokasi Korban Semeru di Lumajang.

Senada dikatakan, Ketua Bidang Media dan Humas IKAL Jatim Zainal Abidin, bahwa penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di dua titik. Titik pertama berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo dan titik kedua ke tempat pengungsian warga di dusun sumberbulus, desa Kalilengkong, Kec. Pronojiwo, tepatnya di masjid Nurul Yakin di Dusun Sumberbulus menjadi titik utama dropping bantuan dari IKAL Jatim tersebut. jelas Zainal Abidin.

baca juga :   Alfamart Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Dikonfirmasi terpisah, Ketua IKAL Jatim, Rachmat Harsono mengapresiasi setinggi-tingi kepada jajaran pengurusnya yang telah ikut hadir meringankan beban warga terdampak APG gunung Semeru.

Menurut Rachmat, kehadiran IKAL Lemhannas Jatim merupakan manifestasi dari spirit kebangsaan yang memang harus selalu digelorakan oleh segenap anggota IKAL Jatim.

Dalam setiap terjadi musibah di tanah air, IKAL Jatim selalu berkomitmen untuk turun tangan menggalang bantuan dan terjun langsung di lokasi bencana.

baca juga :   DWP Dinas Sosial Jawa Timur Beri Layanan Psikososial Korban Erupsi Semeru

“Sebelum-sebelumnya, kita juga galang bantuan dan terjun langsung memberi bantuan untuk korban bencana di Pacitan, Lombok, Donggala dan wilayah bencana lainnya,” tegas Rachmat lagi. (hd).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com