As Shofa: Upaya Nyata Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Umat

TANGERANG, transnews.co.id – Jika biasanya perayaan milad pondok pesantren digelar pengajian, berbeda dengan pesantren ini yang menggelar seminar nasional dan membentangkan bendera merah putih sepanjang 1000 meter.

Alih-alih menggelar pengajian, Yayasan Majelis Rajeg Berkah pengelola Pondok Pesantren Technopreneur As-Shofa di Rajeg, Tangerang, Banten yang diasuh oleh Gus Nur Rohman justru menggelar Seminar Nasional dengan tema, “ Akselerasi Peran Strategis Pesantren dalam Mewujudkan Kemandirian Umat,” Sabtu (09/13/2023).

“Dalam milad ke-5 pondok pesantren Technopreneur As-Shofa ini kami mengajak masyarakat untuk berdiskusi dalam seminar. Kita tahu bahwa pesantren itu kuat di dalam pendidikan agama atau religi tapi lemah didalam ekonomi, pesantren tidak hanya menjadi tempat untuk mendidik generasi muda untuk menjadi paham tentang agama tapi juga bertanggung jawab dalam pemberdayaan dan kemandirian masyarakat,” ungkap Gus Nur Rohman.

baca juga :   AB Center Ajak Warga Desa Sukamanah Pilih Pemimpin dengan Nurani

Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber yakni Gus Syauqi Ma’ruf Amin selaku Pengasuh Pesantren Annawawi Tanara (Putra Wakil Presiden Ma’ruf Amin), Dr. H. Lukmanul Hakim, M. Si. selaku Staf Khusus Wakil Presiden RI, Ir. Indah Megahwati, MP. selaku Direktur Pembiayaan Pertanian Kementan RI. Moderator acara ini Prof. Ir. Supiyat Nasir, BBA

“ Biasanya pesantren kalau milad mengadakan pengajian, tapi kali ini kita menggelar seminar nasional dan membentangkan bendera merah putih 1000 meter. Kita ingin kecintaan kita terhadap Indonesia ini terus terjaga. Termasuk menjaga pangan kita tetap aman, ” pungkas Gus Nur Rohman selaku pengasuh Ponpes Technopreneur As-Shofa.

baca juga :   Jelang Aksi BEM SI, Polisi Jaga Ketat Perbatasan Jakarta

“Pesantren menjadi pusat kolaborasi, berkomunikasi, bergerak bersama masyarakat. Kita perlu membangun komunikasi yang baik dan saling menguatkan. Kompetensi dan sdm pesantren sangat berlimpah tapi belum termanfaatkan dengan baik dan sistematis terarah untuk kemajuan bersama,” ujar Gus Shauqi Ma’ruf Amin dalam paparannya.

Lebih lanjut Gus Shauqi menyampaikan pentingnya untuk saling menguatkan diantara semua unsur masyarakat. Sehingga bisa belajar dari tokoh ulama terdahulu yang berkumpul, bersinergi membangun negeri sehingga menjadi lebih kokoh.

baca juga :   Pengendara Sedan Tabrak 7 Kendaraan di Tangerang, 1 Orang Tewas-5 Terluka

“Selamat untuk pondok pesantren technopreneur as-shofa merayakan miladnya ke-5 semoga terus berkembang membawa kemajuan bangsa dan umat,” pungkas Gus Shauqi.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com