DEPOK  

Baznas Depok Sosialisasikan RW Ramah Zakat di Kecamatan Sukmajaya

DEPOK, transnews.co.id – Dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penting dan wajibnya berzakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggelar sosialisasi program Rukun Warga (RW) Ramah Zakat di Aula Kecamatan Sukmajaya, Jalan Merdeka Sukmajaya Kota Depok, Sabtu (25/11/2023).

Ketua Baznas Kota Depok Endang Ahmad Yani sebagai pemateri yang diikuti oleh Lurah Mekarjaya Nelda Purnadia Wardhani, para pengurus RW dan pengurus DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) se-Kelurahan Mekarjaya.

Melalui program ini, Baznas Kota Depok mengharapkan bisa menjadikan Kota Depok menjadi kota pertama di Indonesia dan bahkan di dunia menjadi Kota Ramah Zakat, kelurahan percontohan adalah Kelurahan Mekarjaya, dengan jumlah 31 RW yang juga tergabung dalam Forsir (Forum Silaturahmi RW).

baca juga :   Sekber Dukung Program RW Ramah Zakat di Kota Depok

Sebagai Lurah Mekarjaya , Nelda Purnadia Wardhani mengatakan kepada media bahwa apa yang dilakukan oleh Baznas ini adalah suatu dampak positif bagi warganya.

“Semoga para pengurus RW, bisa menerima program ini dan diterapkan di masyarakat,” harapnya.

Nelda melanjutkan, bahwa niat baik itu selalu kita dukung. Karena alhamdulilah Kelurahan Mekarjaya adalah kelurahan pertama yang mendapatkan ilmu tentang pemtingnya berzakat dari Baznas Kota Depok, semoga kedepannya juga akan ada kelurahan-kelurahan lain yang menyusul, sambung Nelda.

Dari 31 RW yang ada di Mekarjaya dengan 251 RT (Rukun Tetangga – Red), dimana terdapat populasi masyarakat sekitar 80.000 an, apabila program ini bisa disosialisasikan di tingkat RT dan berjalan dengan baik, insyaallah masyarakat jadi tau apa itu Baznas, kemudian apa itu program-programnya, serta manfaat – manfaat yang akan dirasakan bagi masyarakat, tuturnya.

baca juga :   Baznas Bazis Jaksel Renovasi Tiga Rumah Warga

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Depok Endang Ahmad Yani, yang ditemui usai dirinya memberikan pemaparan terkait pentingnya berzakat ,mengemukakan bahwa ia berharap agar hal ini menjadi pilot project semua kelurahan diseluruh RW.

Misalnya dalam 1 RW melalui program RW Ramah Zakat ini ada sekitar 1.000 warga , maka 1.000 dikali 132.000 akan menghasilkan 1,3 miliar, kemudian 1,3 miliar dikalikan 1.000 RW maka hasilknya 1 bulan 1 triliun, kemudian dikali 1 tahun sama dengan 12 triliun. Nah, ini kan bisa mengalahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita, saya yakin, Depok ini akan menjadi kota Zakat pertama di dunia, sehingga masyarakatnya insyaallah akan sejahtera,” ungkap Endang.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com