DAERAH  

Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Gelar Bazar Pangan Murah

Kota Gorontalo, Transnews.co.id – Dinas Pangan Provinsi Gorontalo menggelar bazar pangan murah untuk meredam gejolak harga, terutama minyak goreng di komplek Toko Tani Indonesia Center Kota Gorontalo, Selasa (25/1/2022).

Bazar pangan murah ini juga bertujuan untuk melayani kebutuhan bahan pangan masyarakat dengan harga yang wajar dan memudahkan memperoleh komoditas.

“Bazar murah ini dilaksanakan untuk membantu dan mengupayakkan ketersediaan minyak goreng di masyarakat yang kemarin kesulitan memperoleh di toko atau ritel dengan harga yang terjangkau,” kata Kepala Dinas Pangan Sutrisno.

Sutrisno menjelaskan, Pemerintah Provinsi Gorontalo secara terus-menerus melakukan monitoring dan mengantisipasi jika terjadi gejolak harga pangan. Komoditas minyak goreng yang sebelumnya dibandrol dengan harga tinggi saat ini dapat diperoleh dengan harga yang murah, akibatnya sebagian masyarakat melakukan aksi borong di sejumlah ritel dan toko.

baca juga :   Pelindo Regional 4 Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Selayar

Permintaan yang tinggi ini menyebabkan komoditas minyak goreng mengalami kelangkaan, sehingga Sebagian masyarakat kesulitan mendapatkan komoditas rumah tangga ini.

Untuk meredam aksi borong tersebut, Dinas Pangan menggandeng ritel Indomaret dan Toko Tani Indonesia Center Gorontalo untuk melayani masyarakat dalam bazar murah ini.

“Bazar murah ini sebagai antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng, sekaligus memastikan harga minyak goreng yang beredar di Gorontalo tetap stabil sesuai harga eceran tertinggi Rp14.000,” tutur Sutrisno.

baca juga :   Dikbudpora Gorontalo: Pembinaan Karakter Penting Untuk Membentuk Mental Siswa SMK

Kepala Bidang Distribusi dan Harga Pangan Dharmawaty Bokings manambahkan bazar murah ini sering dilaksanakan dengan berbagai macam produk pangan yang dijual dengan harga murah. Ia menyebut harga beras Rp9.000/liter, gula pasir Rp12.500/kg, minyak goreng Rp14.000/liter, kental manis Rp9000/kaleng dan kebutuhan produk lainnya.

Masyarakat antusias dengan minyak goreng berbagai macam merek. Panitia dengan sigap mengatur antrean para pembeli untuk tertib dan berjarak. Semua antrean dilayani oleh petugas lapangan.

baca juga :   Wawako Palembang Minta Bazar Murah Tetap Ada di Luar Ramadan

Bazar murah ini juga menerapkan pembatasan pembelian untuk menghindari aksi borong, per orang hanya bisa membeli 2 liter minyak goreng.

“Bazar murah ini ke depan akan tetap dilaksanakan dengan menggandeng ritel ritel lain supaya stok barang lebih banyak lagi, khususnya minyak goreng,” ujar Dharmawaty Bokings.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com