Dinkes Batang Beberkan Penyakit yang Rawan Diderita Pemudik

Batang, Transnews.co.id – Bagi pemudik yang sedang menempuh perjalanan dengan jarak yang sangat jauh, dituntut agar memiliki stamina yang prima. Pemudik harus mengetahui penyakit yang rawan diderita saat mudik, di antaranya mual dan sakit kepala.

Meski dirasa ringan namun, sebagai langkah antisipasi, Dinas Kesehatan Batang mengingatkan kepada pemudik agar selalu memasukkan obat-obatan ke daftar barang-barang yang harus dibawa.

“Yang wajib dibawa Paracetamol kalau mengalami pusing dan obat maag begitu perut dirasa mual,” kata Kepala Dinas Kesehatan Batang dr. Didiet Wisnuhardanto, saat dihubungi melalui WhattsApp, Sabtu (30/4/2022).

baca juga :   Koramil Batang Terjunkan Personel Bedah RTLH Warga

Selain itu, pemudik juga wajib meningkatkan kewaspadaan karena mendekati lebaran, jumlah kendaraan yang melintas akan semakin bertambah. “Kalau tidak hati-hati saat mengemudi bisa terjadi kecelakaan lalulintas,” katanya.

Ia mengimbau apabila kondisi badan sudah mencapai pada titik lelah, sebaiknya menepi untuk beristirahat.

baca juga :   Disparpora Kabupaten Batang Wacanakan Kolam Prestasi Kramat untuk Ajang Jawa-Bali

“Silakan cari rest area terdekat. Bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor, di jalur Pantura sudah disiapkan Pos Pelayanan Terpadu Dinas Perhubungan yang berada di tepi jalan. Dengan akses yang mudah, petugas kami siap membantu memeriksa kondisi kesehatan pemudik,” tegasnya.

Ia memastikan, tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan siap melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada pemudik yang mengalami kelelahan, tidak hanya di Pos Pelayanan Terpadu Dinas Perhubungan, tetapi di 6 Pospam dan Posyan di jalur Pantura maupun tol.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com