Diskes Pekanbaru Temukan 18 Siswa Reaktif, PTM Minta Dipertimbangkan

Pekanbaru, Transnews.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru telah melakukan rapid tes antigen acak terhadap sejumlah sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), hasilnya 18 siswa dinyatakan reaktif.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pihaknya telah melakukan rapid tes acak pada akhir pekan kemarin terhadap 16 SMP negeri dan swasta di Kota Pekanbaru.

“Dari 3.607 sampel yang kami ambil terhadap sekolah, 18 di antaranya memiliki hasil reaktif,” ujar Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (10/2/2022).

baca juga :   Wagub Riau Minta BRK Syariah Terus Berinovasi dalam Pelayanan

Menurutnya, dari 18 siswa yang dinyatakan reaktif Covid-19 ini pihaknya melakukan pemeriksaan lanjutan. Mereka melakukan pemeriksaan lanjutan dengan tes swab, namun belum bisa memastikan berapa jumlah siswa yang positif dari belasan yang reaktif tersebut.

Zaini mengaku telah melaporkan hasil tersebut ke Satgas Covid-19 Pekanbaru. Pihaknya mengusulkan agar mempertimbangkan pelaksanaan PTM untuk kedepannya agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

baca juga :   Pemdes Lojejer Menggelar Giat Vaksinasi 2000 Kuota

“Terhadap semua yang positif nantinya, kita lakukan tracing agar tidak terjadi penyebaran. Nanti untuk yang positif kita arahkan untuk melakukan isolasi terpusat di tempat yang di sediakan,” terangnya.

Sementara jika pasien positif yang memiliki gejala sedang hingga berat, Zaini menyebut akan merujuknya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com