DPKUKMP Sebut Rantai Distribusi Panjang Penyebab Harga Bahan Pokok Naik

  • Bagikan

Palangka Raya, Transnews.co.id – Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) Kota Palangka Raya, Hadriansyah mengungkap, salah satu penyebab naiknya harga sejumlah bahan pokok di pasaran lebih disebabkan rantai distribusi yang panjang.

“Panjangnya rantai distribusi ini membuat harga bahan pokok yang sampai ke masyarakat mengalami kenaikan,” ungkapnya, Jumat (22/4/2022).

Menurut Hadriansyah, faktor penyebab panjangnya rantai distribusi tersebut antara lain, adanya biaya tambahan yang cukup tinggi. Seperti biaya transportasi dengan alasan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) dan lain-lain. Hal inilah yang akhirnya berdampak pada kenaikan harga modal barang atau logistik.

Baca Juga :   Bhayangkara Tk III Palangka Raya Bagikan Bansos Ke Panti Asuhan

“Contoh naiknya harga bawang merah ataupun ayam kampung, penyebabnya tidak lain ke persoalan rantai distribusi yang panjang. Panjangnya rantai distribusi menimbulkan biaya tambahan yang tidak sedikit, sehingga pada akhirnya memengaruhi harga jual,” bebernya.

Tidak bisa dimungkiri kata Hadriansyah, kerap naik atau turunnya (fluktuasi) harga pangan, tentunya merupakan hal yang biasa. Terlebih setiap menjelang hari besar keagamaan. Baik menghadapi Ramadan, Idulfitri ataupun hari besar lainnya seperti Natal maupun menyambut tahun baru.

Baca Juga :   TNI Bersama PSHT Gelar Aksi Sosial Penanaman Pohon di Palangka Raya

Hal itu terjadi karena kebutuhan pangan atau bahan pokok (Bapok), tidak lepas dari dinamika pasar yang berdasarkan produksi, distribusi dan permintaan. “Nah, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam menjaga ketahanan pangan, yakni terkait distribusi, kemudian stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok,” sebutnya.

Sementara ditanya terkait harga sejumlah bahan pokok di pasaran Kota Palangka Raya saat ini, dikatakannya, ada sejumlah komoditas pangan di pasaran kota setempat mengalami penurunan maupun kenaikan serta dengan harga yang tetap.

 63 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

Baca Juga :   Dinkes Kota Palangka Raya Gelar Vaksinasi Booster dan Pengenalan penggunaan QRIS
  • Bagikan