DAERAH  

DPRD Katingan Dukung Usulan Masyarakat Terkait Pembangunan Rumah Panggung

Kasongan, Transnews.co.id – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Yudea Pratidina mengungkapkan, sejumlah usulan disampaikan masyarakat melalui kegiatan Musrenbang tingkat kecamatan yang kini masih berlangsung. Usulan tersebut diantaranya, usulan dari sejumlah desa yang biasa menjadi langganan banjir adalah pembangunan rumah atau aula jenis panggung.

Menurut Yudea Pratidina, usulan ini perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah. Sebab rumah panggung yang diusulkan ini, berfungsi untuk menampung warga ketika terjadinya bencana banjir.

“Daerah kita inikan rawan bencana banjir. Jika sudah terjadi bencana banjir, ada desa tertentu di wilayah hilir yang kesulitan mencari tempat mengungsi. Karena tidak ada dataran tinggi,” kata Yudea dari ruang kerjanya, Selasa (8/2/2022)

baca juga :   Tergerus Air, Siring Jembatan Danau Mare Katingan Ambruk

Yudea Pratidina menjelaskan pembangunan rumah panggung, bisa menjadi salah satu solusi bagi masyarakat. Dimana tiang bangunannya dibuat sangat tinggi, dengan ukuran tertentu. Sehingga nanti ketika ada bencana banjir, masyarakat bisa tinggal sementara di bangunan tersebut.

baca juga :   Antisipasi Kelangkaan Sembako Jelang Ramadhan, Pemkab Katingan Gelar Rapat Kewaspadaan Dini

“Selama ini warga yang terdampak banjir, hanya bertahan di rumahnya saja. Dengan cara membuat katil,” jelasnya.

Dia mengaku sangat mendukung usulan warga ini. Namun jelasnya, untuk pembangunan rumah panggung ini nanti, dibangun dari anggaran Dana Desa.

“Ini juga mendapat respon positif dari pak Bupati. Sehingga masyarakat kita tidak lagi kesulitan untuk mengungsi,” tandasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com