DAERAH  

Emil Dardak Janjikan Pemerintah Fasilitasi Pencak Silat sebagai Cabor Berprestasi

Pasuruan , Transnews.co.id – Pemerintah akan terus mendukung dan memfasilitasi cabang olahraga di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama bangsa, termasuk pencak silat sebagai warisan budaya asli Indonesia yang telah banyak menyumbangkan capaian membanggakan bagi negara.

Hal tersebut, disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pusat Persatuan Setia Hati Terate (PSHT) yang bertemakan “Memperkokoh Persaudaraan dan Sinergitas Menuju 100 Tahun PSHT” di Hotel Surya, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu (26/9/2021).

Menurut Emil, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jatim sudah menyediakan Pemusatan Pelatihan Atlet Pelajar Pencak

baca juga :   Wagub Emil Optimis PPAT Jadi Mitra Sukseskan Sertifikasi Aset di Jatim

Silat (PPLP) di Padepokan Pencak Silat Pandaan yang diproyeksikan untuk Olimpiade 2032.

Tahun ini sambung dia, Dispora juga mendirikan Sentra Pembinaan Olahraga Pelajar (SPOP) sebanyak 28 cabor. ujar Wagub Emil.

“Fasilitas pelatihan tersebut , harus dimanfaatkan oleh PSHT untuk membangun prestasi anggotanya, sekaligus mengembangkan

budaya bangsa dan memperkuat nasionalisme. Karena seorang pelatih masih harus terus meningkatkan kapasitasnya baik dalam ilmu, skill maupun attitude,” jelasnya.

Lebih lanjut, Emil menjelaskan, sebagai salah satu organisasi bela diri terbesar di Indonesia, PSHT memenuhi syarat ikut menyumbangkan atlet berprestasi untuk negara.

baca juga :   Wagub Emil Ajak Perangkat Desa Prioritaskan Kesejahteraan di Pedesaan

Selain sarana prasarana dan pelatih yang kompeten, PSHT akan dapat dengan mudah menemukan bibit atlet yang berbakat dan memiliki motivasi.

Melihat itu semua, Emil pun berharap agar PSHT bisa membawa nama pencak silat ke dunia global. Mengingat, dunia maya telah memberi kesempatan untuk memperluas jaringan dengan hanya bermodalkan gawai saja.katanya.

Sementara, Ketua Umum Pusat PSHT R. Murjoko HW menyampaikan bahwa pihaknya berharap hubungan antar PSHT dan pemerintah dapat tetap terjalin baik.

baca juga :   Wagub Emil Hadiri Pelantikan DPC Prajaniti Hindu Indonesia Jatim

“Saya berdoa agar hubungan yang kita bangun ini tetap berjalan baik dan di masa depan dapat ditingkatkan. Selain itu, saya berharap Dimas Emil sebagai warga kehormatan kami, bisa terus menemani pergerakan dan perjuangan kami sampai akhir,” ujarnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Sumber Berita