Gerakan Ekonomi Masyarakat, DP4 Blora Gelar Pasar Tani

Blora, Transnews.co.id – Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora kembali menyelenggarakan Pasar Tani untuk mendekatkan/mempromosikan produk hasil pertanian ke konsumen serta mendukung pemulihan ekonomi nasional yang ada di Kabupaten Blora.

Kepala DP4 Blora drh. R. Gundala Wijasena, mengatakan kegiatan pasar tani dilaksanakan di Blok T Blora dengan memasarkan aneka produk unggulan dari sektor pertanian yang ada di Kabupaten Blora, Jumat (22/4/2022).

“Silahkan warga masyarakat bisa membeli dengan harga yang murah, berkualitas dan segar. Ada aneka sayur dan buah, beras organik, mete, pisang tanduk (pisang byar) dan lainnya,” kata Gundala Wejasena.

Termasuk, tambahnya, ada kopi, yang ditanam petani di Blora.

“Kita berharap semua warga masyarakat mendukung pasar tani ini, dan kita akan berjuang kegiatan ini akan berlanjut sampai tahun depan. Ini yang ketiga kali di tahun 2022. Jadi masih ada enam kali pelaksanaan yang diikuti dari 16 kecamatan se Kabupaten Blora,” terangnya.

baca juga :   Program Blora Bersholawat Berlangsung Khidmat di Desa Jiken

Pihaknya menyebut, segera melakukan pelatihan untuk pemasaran secara online sehingga memberikan pelayanan secara cepat kepada warga.

“Untuk sementara ini kita gunakan media sosial, untuk promosi. Kedepan segera diadakan pelatihan pemasaran secara online, sehingga kalau masyarakat membutuhkan produk, misalnya melon, bisa langsung diantar ke tempat tujuan,” ungkapnya.

Pasar tani kali ini juga diapresiasi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, Bahkan ikut memborong dagangan yang dipasarkan.

“Terimakasih kepada Pak Gundala Wejasena, selaku Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Kabupaten Blora yang telah menginisisasi pasar tani. Insyaallah rutin secara berkala. Dan ini senang warganya, karena yang ada kota Blora semakin dekat dengan pasar tani. Bagus sekali,” ungkapnya.

baca juga :   DPUPR Blora Giatkan Pembersihan Tanaman Liar di Sekitar Bahu Jalan

Menurutnya, beberapa kecamatan membawa hasil pertanian dan dijual di pasar tani, sehingga masyarakat yang ada di kota bisa ikut menikmati.

“Saya juga beli, dan memberi semangat, bangga dengan hasil pertaniannya dan kita yang beli juga bangga dengann hasil produk pertanian lokal Blora,” ucapnya.

Pada kesempatanyang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Hariyanto, yang hadir di pasar tani juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terselenggaranya kegiatan itu.

“Untuk pasar tani sangat luar biasa, sehingga secara langsung maupun tidak langsung menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya bagi petani. Hasil produk para petani bisa dipasarkan sekaligus bisa dibeli oleh masyarakat. Ayo, mumpung ini ada pasar tani, gunakan kesempatan yang sebaik-baiknya. Beli ayo kita beli produk dalam negeri khususnya dari kabupaten Blora,” terangnya.

baca juga :   Jelang Lebaran, Polsek di Blora Diminta Tingkatkan Patroli

Hariyanto mengatakan akan terus memberi dukungan dan mempertahankan kegiatan pasar tani.

“Dari awal perencanaan hingga pelaksanaan akan terus kami dukung dan pertahankan, karena melihat pelaksanaan sebelumnya maka perlu dilanjutkan,” ucapnya.

Sementara itu, Santi, salah seorang warga mengaku senang dengan adanya pasar tani. Sebab selain dekat dan terjangkau harganya, melalui pasar tani bisa mempromosikan potensi pertanian Blora.

“Saya tadi beli cabai, pisang dan sayuran, buat dimasak untuk buka puasa,” ucapnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com