Gubenur Jawa Timur Bersama Muspika Puger Ikut Mengelilingkan Julen” Dan Upacara Larung Sesaji Petik Laut Desa Puger Wetan

  • Bagikan

JEMBER, transnews.co.id – Gubenur Jawa Timur yang diwakili (Bakorwil) Badan Kordinasi Wilaya Jawa Timur bersama Muspika kecamatan Puger ikut arak arakan karnaval untuk mengelilingkan julen dan upacara kegiatan larung sesaji petik laut yang di gelar oleh.Pemerinta Desa ( Pemdes ) Puger Wetan pada Senin ( 15/8/2022).

Sebelum di larung ke laut Pemerintah Desa Puger wetan bersama tokoh masyrakat dan berbagai OPD mengarak.Julen julen untuk di kelilingkan dahulu ke Desa Puger wetan dengan cara memakai pakai yan adat tradisional dan kirap budaya larung sesaji petik laut ini adalah tradisi turun temurun yang dilakukan masyarakat desa Puger wetan sebagai bentuk rasah senang dan sukur selama satu tahun masyarakat atas limpahan hasil panen yang melimpah.

Kepala Desa Puger Wetan H.Inwanullah menyampaikan ke awak media.Pada tanggal 15 Agustus telah digelar kirab budaya selamatan desa yaitu upacara larung sesaji petik laut.

Dan yang mana atusias warga masyarakat sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan upacara larung sesaji petik lauk ini sampai dari para Pejabat tingkat Gubernur Jawa Timur tetapi dikarenakan bersamaan dengan kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan Ibu tidak bisa hadir hari ini untuk mengikuti Upacara larung sesaji petik laut.

Dan Alhamdulilah ada perwakilan dari Gubernur yang diwakil oleh Bakorwil datang utuk turun langsung kebawah untuk mengikuti upacara larung sesaji petik laut.

Dan kamipun sebagai kepala desa Puger wetan sangat senang sekali dengan beliau yang mana tadi bersama masyarakat juga mengikuti karnaval arakan arakan julen julen keliling desa puger wetan.

Dan setelah di kelinglikan baru julen akan dinaikan perahu tradisional untuk di bawa ketenga laut bersama masyarakat dan tokoh tokoh Desa Puger untuk di lakukan upacara kirab budaya larung sesaji petik laut, tuturnnya.

Dari pantauwan awak media hadir juga dalam upacara kirab budaya larung sesaji petik laut Desa Puger Wetan.

Bakorwil jawa timur Muspika Kecamatan Puger Kepala Desa Puger wetan.H Inwanulloh Prayogo Setiawan, A.Md. Letda Laut( E) Nrp 23379/P. Pilar Desa Puger Wetan Bhabinkamtipmas dan Bhabinsa. (lrfak)

 79 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan