DAERAH  

Gubernur Jatim Ajak Pemerintah Jepang Perkuat Kerjasama Bidang Pendidikan, Budaya dan Perdagangan

Surabaya, Transnews.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia H.E.Kanasugi Kenji bersama Konjen Jepang Takeyama Kenichi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (25/10) malam.

Pertemuan tersebut, merupakan kunjungan official pertama bagi Dubes Jepang di Provinsi Jawa Timur. Gubernur Khofifah pun menyampaikan selamat datang kepada Dubes Jepang untuk Indonesia H.E. Kanasugi Kenji. Kunjungan tersebut dinilai sebagai kehormatan bagi Jatim, utamanya untuk mempererat kerjasama antar kedua belah pihak.

“Selamat datang di Jawa Timur Yang Mulia Bapak Duta Besar Jepang . Pemprov Jatim berterimakasih dan menyambut baik kehadiran Bapak Dubes ke gedung negara Grahadi. Kami berharap kita dapat melanjutkan diskusi untuk menginisiasi program kerja sama baru yang dapat mendukung kebijakan pembangunan dan meningkatkan hubungan antar masyarakat Jatim dan Jepang,” ujar Khofifah.

baca juga :   Gubernur Khofifah Pantau Terminal Penumpang di Gapura Surya Tanjung Perak

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama ia berkunjung secara resmi ke Jawa Timur. Ia juga menyampaikan bahwa ada 105 perusahaan Jepang dan 603 warga negara Jepang yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, ia berharap aktivitas ekonomi terus bergerak untuk meningkatkan hubungan yang baik antara Indonesia dan Jepang.

Juga dalam kunjungannya ke Provinsi Jatim, Dubes Jepang berencana akan bertemu dengan beberapa perusahaan Jepang & ingin bertukar pikiran dengan perusahaan Jepang mengenai ekonomi investasi dan meninjau perkembangan perusahaan Jepang di Jawa Timur.

baca juga :   Gubernur Khofifah Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Pemprov Jatim 

Dubes Jepang itu menyampaikan harapannya agar Gubernur Khofifah bersedia mendengarkan keluh kesah dari perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Jawa Timur. Sehingga diharapkan terjalin komunikasi yang baik antara Pemprov Jatim dan perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Jawa Timur.

“Kami dapat bertukar pendapat tentang adanya hubungan antara Jepang dan Indonesia. Bagaimana kami memperkuat hubungan itu dan saya juga menyampaikan ke Gubernur Khofifah untuk terus mendengar suara-suara dari perusahaan Jepang yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah menyerahkan cinderamata berupa plakat motif kerapan sapi yang artinya kita harus kerja keras dan kerja cepat sekaligus menerima cinderamata dari Dubes Jepang untuk Indonesia.

baca juga :   Jatim - Jabar Sepakat Tingkatkan Kerjasama Sektor Ekonomi, Industri dan UMKM

Turut hadir dalam pertemuan ini yakni Konselor Kedutaan Jepang untuk Indonesia Mr. Tanaka Motoyasu, Sekretaris Ketiga Kedutaan Jepang untuk Indonesia Mr. Furunobu Koichi, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Mr. Takeyama Kenichi.

Turut mendampingi Gubernur Jatim beberapa kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim diantaranya Kepala Dinas PTMPTSP, Kepala Bappeda, Kepala Biro Perekonomian, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.(hd).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com