H+3 Lebaran, Lokasi Wisata Tawangmangu Dipadati Pengunjung

  • Bagikan

Karanganyar, Transnews.co.id – Kawasan wisata hingga resto di Tawangmangu dan Ngargoyoso mulai dibanjiri pengunjung, Rabu (4/5/2022). Mereka tak hanya wisatawan lokal Karanganyar, namun pemudik yang mengisi masa libur Lebaran.

Berdasarkan pantauan di lokasi, jalur menuju kawasan wisata, baik ke Tawangmangu maupun Ngargoyoso dipadati kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil. Sebagian besar kendaraan berpelat nomor dari luar Soloraya, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya dan lainnya.

Kepadatan arus lalu lintas mulai terlihat di setiap traffic light di dalam kota. Kepadatan terjadi di Pasar Karangpandan hingga simpang Keprabon. Kepadatan juga terpantau di jalan raya Tawangmangu. Laju mobil melambat di jalur tanjakan hingga membuat sejumlah kendaraan yang macet karena kampas kopling aus.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto, mengatakan dibanding hari kemarin, terjadi lonjakan kendaraan yang memadati jalur wisata Tawangmangu dan Ngargoyoso pada Rabu ini. Kendaraan terpantau tidak hanya berasal dari dalam kota Karanganyar, melainkan pelat luar daerah yang memang mengisi libur Lebaran dengan berkunjung ke objek wisata.

Baca Juga :   Pemerintah Terus Genjot Sektor Pariwisata dan Ekref

“Hari ini terpantau ramai dan padat. Namun tidak sampai menimbulkan kemacetan. Arus lalu lintas masih bisa diurai,” katanya.

Ia mengatakan rekayasa lalu lintas diberlakukan sejak di dalam kota untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. Sementara di jalur-jalur wisata juga diberlakukan sama.

Di jalur wisata Tawangmangu, rekayasa diberlakukan bagi kendaraan pribadi dari arah Solo di Simpang Sumokadu dialihkan melalui BIP-Hotel Nava- Grogojan Sewu-Cicoa-jalan tembus Tawangmangu dan Sarangan.

Sementara, arus lalu lintas kendaraan pribadi dari Tawangmangu ke Solo dialihkan melalui jalur Matesih. Rekayasa arus lalu lintas mulai berjalan sejak pukul 10.00 WIB sampai arus lalu lintas lancar atau situasional.

Baca Juga :   Pemkab Pulang Pisau Gelar Lomba Foto Objek Wisata untuk Pelajar

Sedangkan kendaraan bus dan sepeda motor tetap menggunakan jalur utama Tawangmangu.

Rekayasa lalu lintas di jalur menuju kawasan wisata diberlakukan dengan menempatkan personel di sejumlah lokasi, seperti Simpang Empat Gardu, Karangpandan, Simpang Tiga Polsek Matesih, Simpang Sumokadu, Simpang Tiga Pojok, dan Simpang Empat BIP Tawangmangu.

Pengalihan Arus
Personel memantau kondisi di jalur-jalur tersebut. Apabila ditemukan pergerakan kepadatan lalu lintas di kawasan wisata maka sistem lalu lintas berupa pengalihan arus kendaraan diberlakukan.

“Kami juga mengerahkan motoris yang fungsinya berpatroli berboncengan memantau simpul kemacetan. Lalu melaporkan untuk diurai kemacetannya,” jelasnya.

Di jalur Ngargoyoso, rekayasa diberlakukan bagi kendaraan dari arah Ngargoyoso menuju Solo, melewati Simpang Tiga Dimoro-SMAN Karangpandan-Tugu Ngipik-Karanganyar.

Baca Juga :   Libur Tahun Baru, Tempat Wisata di Palangka Raya Ketatkan Prokes

Grojogan Sewu
Warga Tawangmangu, Pranoto, mengatakan wisatawan mulai berdatangan sejak pukul 11.00 WIB. Para wisatawan memenuhi objek wisata Grojogan Sewu.

“Hari ini sangat ramai sekali, beda dengan Selasa kemarin. Sebanyak 5.000 orang berwisata di Grojogan Sewu. Informasi itu saya peroleh dari petugas loket Grojogan Sewu,” ujar sukarelawan Forum Komunitas Mitra Polri (FKMP) Tawangmangu tersebut.

 86 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan