HJB 541, Pemkot Bogor Usung Tema Rumawat Pusaka Kota

BOGOR, transnews.co.id || Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi meluncurkan logo Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 bertemakan ’Rumawat Pusaka Kota’, Kamis (18/5/2023).

Ketua Panitia HJB ke-541, Rakhmawati menjelaskan logo HJB ke-541 menyuguhkan ornamen gerbang atau gapura pada angka 5 dan 1. Gerbang atau gapura tersebut diambil dari lokasi yang akan dijadikan museum Pajajaran di kawasan Batutulis. Museum ini sebagai upaya pelestarian benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan Pajajaran.

“Secara filosofis makna gapura dapat diartikan sebagai struktur bangunan yang merupakan pintu masuk atau gerbang menuju ke suatu kawasan. Gapura sering diartikan sebagai suatu simbol gerbang menuju kawasan masa depan yang cerah, makmur dan sukses bagi masyarakat di dalamnya,” kata Rakhmawati, Kamis (18/5/2023).

baca juga :   Mentan Lepas Ekspor Telur Tetas Ke Myanmar

Kemudian, angka 4 yang diapit oleh gapura tersebut disematkan ornamen kujang. Ornamen itu sebagai benda pusaka Jawa Barat sekaligus salah satu ikon Kota Bogor.

baca juga :   Penolakan Visum oleh RSUD, SWI Bogor Raya Mendesak Polres Bogor Bersikap

Warna logo oranye dan biru, lanjut Rakhmawati, Oranye memberi kesan hangat dan bersemangat serta merupakan simbol dari optimisme dan kemampuan dalam bersosialisasi. Sementara biru, mewakili makna kepercayaan, kesetiaan, ketulusan, kebijaksanaan.

​“Dari perspektif psikologi warna, warna biru memiliki arti dapat diandalkan dan bertanggung jawab,” katanya.*

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *