Ini Pesan Gubernur Khofifah kepada Pengurus Sekber Wartawan Indonesia Jatim

Kabid OKK DPP SWI, Agus Prabowo melantik Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Provinsi Jawa Timur di Bangil, Sabtu (25/2/2023).

BANGIL, transnews.co.id || Memasuki tahun politik media harus bisa memberikan informasi yang berimbang, independen dan bertanggung jawab.

Hal itu di katakan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Sherlita pada pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) dan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) se Provinsi Jawa Timur di Bangil, Sabtu (25/2/2023).

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Sherlita saat membacakan sambutan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) se Provinsi Jawa Timur di Bangil, Sabtu (25/2/2023)

Menurutnya, saat ini media sosial menempati urutan paling banyak diakses masyarakat yaitu sekitar 72,6 persen, maka wartawan yang tergabung dalam SWI harus mampu menangkal indormasi hoaks banyak beredar di masyarakat.

baca juga :   Gubernur Jatim Khofifah Resmikan Reaktivasi RSL Ijen Boulevard

“Ini tantangan yang harus dihadapi pers, termasuk Sekber Wartawan Indonesia Provinsi Jawa Timur untuk menjadi penjernih informasi sekaligus menguatkan peran Pers sebagai salah satu pilar demokrasi.” terangnya.

“Pers sangat penting untuk ambil bagian dalam upaya mencegah polarisasi di tengah masyarat akibat perbedaan politik” tandas Khofifah.

Sementara, Sekretaris Jenderal SWI, Herry Budiman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Humas DPP SWI Hendra Gunawan, menekankan agar setelah dilantik para pengurus menjaga kekompakan dan mulai menjalankan kebijakan program nasional organisasi sebagai amanat Rakernas Tahun 2022 yaitu peningkatan kompetensi sebagai wartawan dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

baca juga :   SWI Berau Menggelar Aksi Tanam 500 Pohon di Ringroad Kalimarau

“Tingkatkan kompetensi kita sebagai wartawan. Ciptakan giat-giat produktif yang memberikan nilai lebih bagi anggota dan masyarakat Jatim, serta terus membangun eksistensi SWI di 38 Kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur” pesannya.

Lebih lanjut, Sekjen mengingatkan para anggota SWI yang turut dalam kontestasi sebagai Caleg pada Pemilu serentak 2024 agar mengajukan cuti.

“Sejak ditetapkan sebagai Caleg oleh KPU, maka anggota atau pengurus SWI  yang bersangkutan sudah harus cuti hingga selesainya pelaksakaan Pemilu 2024. Ini sudah menjadi kebijakan organisasi dalam rangka menjaga independensi SWI dalam perhelatan pemilu 2024” tandas Herry.

baca juga :   Ahli Pers: Beritakan Fakta Jangan Dibumbui Opini

Seusai Pengurus DPW SWI Jawa Timur dilantik oleh Kabid OKK DPP, dilanjutkan Ketua DPW SWI Jatim, Suharto melantik enam Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) SWI yang berada di wilayah Jatim, yaitu DPD SWI Magetan, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Jember. YN

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com