Inilah Skema Baru PPDB Tahun 2021 Kota Bandung, Simak Caranya

Kota Bandung,transnews.co.id-Dinas Pendidikan Kota Bandung tengah mematangkan draf Peraturan Wali Kota Bandung terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021. Di dalamnya memuat skema baru untuk memudahkan para orang tua mendaftarkan anaknya.

Menurut Sekretaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra menjelaskan, Jumat (21/5/2021) untuk PPDB 2021 Pemerintah Kota (Pemkot) akan membantu proses pendaftaran.

“Tujuan utamanya adalah, menghindari terjadinya kerumunan saat para orang tua mendaftarkan anaknya di sekolah,”katanya.

Cucu mengungkapkan, PPDB tahun 2021 ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni pendaftaran secara secara online. Hanya, kali ini orang tua diarahkan untuk meminta bantuan mendaftar ke sekolah asal.

baca juga :   Antisipasi Covid-19, Plt Wali Kota Bandung Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

“Pendaftaran ini bukan ke sekolah tujuan, tetapi melalui sekolah asal. Tetapi masyarakat tidak berbondong-bondong ke sekolah asal, tetapi difasilitasi wali kelas di masing-masing sekolah,” jelas Cucu.

Cucu menuturkan, segala informasi pelaksanaan PPDB akan turut dikomunikasikan bersama para guru atau wali kelas dari sekolah asal.

“Hal ini lebih mudah karena komunikasi bersama orang tua siswa intens terjalin selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) satu tahun terakhir,”ucapnya.

baca juga :   Panitia Pilkades Margamulya Bandung Tetapkan 35 KPPS

Cucu mengimbau, kepada orang tua yang akan mengikuti PPB 2021 ini untuk menyiapkan segala kebutuhan data administrasi dalam bentuk ‘softcopy’.

“Kami optimis karena selama ini dari April 2020 sampai sekarang Mei 2021, wali kelas sudah terbiasa membangun komunikasi selama PJJ. Dan data yang diserahkan ke wali kelas itu semuanya digital,” ujarnya.

Wali kelas menghimpun data peserta didik, selanjutnya operator sekolah yang akan membantu proses pengunggahan data secara online. Nantinya orang tua yang akan menentukan proses pendaftaran.

“Karena orang tua wajib mengonfirmasi dan memverifikasi data dan persyaratan yang telah diunggah,”kata Cucu.

baca juga :   Sambut HUT Bhayangkara Ke 75,Kecamatan Pangalengan Bandung Gelar Vaksinasi

Cucu menandaskan Informasi mengenai konfirmasi data akan disampaikan oleh pihak sekolah asal. Selain itu tersedia juga di laman ppdb.bandung.go.id sebagai website resmi peroses PPDB di Kota Bandung,”pungkasnya. (*) Editor:Nas
Sumber:HMs

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com