Jelang Aksi BEM SI, Polisi Jaga Ketat Perbatasan Jakarta

Tangerang, Transnews.co.id – Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) akan menggelar aksi di DPR RI. Polisi melakukan penjagaan di sejumlah titik perbatasan dengan Ibukota Jakarta.

Polres Metro Tangerang Kota mendirikan Pospam di Jl Daan Mogot tepatnya di Kawasan Pusat Niaga Terpadu Batu Ceper. Kondisi lalin dari Tangerang menuju Jakarta mengalami antrean kendaraan di depan Pospam.

Hal ini dikarenakan terdapat putaran balik yang membuat laju kendaraan menurun sehingga mengakibatkan kemacetan. Belum terlihat kendaraan yang mengangkut pendemo menuju Jakarta.

“Yang pasti difokuskan penyekatan di perbatasan Kota Tangerang dengan Cengkareng Jakarta Barat yaitu Pusat Niaga Terpadu Batuceper,” ucap Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota AKBP Abdul Rachim.

baca juga :   Dalam Rangka 70 Persen Herd Immunity, Panglima TNI Kerahkan 122 Nakes di Wilayah Aglomerasi Tangerang

Sebelumnya, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Komarudin melarang siswa di wilayah hukumnya untuk ikut demo ke Jakarta. Polisi akan menjaga di beberapa titik menuju Jakarta.

“Kita akan jaga di beberapa titik akses menuju Jakarta maksudnya untuk mengantisipasi jangan sampai ada pelajar yang ikut-ikutan (demo) ke Jakarta karena pelajar dilarang,” kata Komarudin saat dihubungi, Minggu (10/4).

Komarudin menyampaikan aksi demo tidak dilarang. Namun pihaknya akan menertibkan kelompok-kelompok yang berpotensi membuat aksi demo menjadi ricuh.

“Menyampaikan pendapat di muka umum itu diatur dalam Undang-Undang hak setiap warga negara. Yang kita sisir adalah kelompok-kelompok yang berpotensi malah mengotori, atau merusak jalannya aksi atau bahkan mencaderai,” ucapnya.

baca juga :   AB Center Ajak Warga Desa Sukamanah Pilih Pemimpin dengan Nurani

Sementara itu, antrian penumpang di Stasiun Bogor mengular hingga koridor dan stasiun Bogor pagi ini. Meski demikian belum terlihat mahasiswa peserta aksi 11 April menuju Jakarta menggunakan KRL.

Tidak terlihat penumpang yang datang secara berkelompok dan menggunakan almamater kampus. Selain itu belum nampak juga pihak kepolisian dan satgas pelajar Kota Bogor yang melakukan pemantauan khusus peserta aksi 11 April di Jakarta.

Namun, penumpang nampak antre di sepanjang koridor di zona 1 atau passenger crossing, zona 2 area gate, dan zona 3 pedestrian Stasiun Bogor. Pihak Stasiun Bogor melakukan antisipasi dengan membuka titik pembelian tiket di area parkir, sehingga calon penumpang tidak perlu antre di dalam stasiun.

baca juga :   Cegat Truk Demi Buat Konten, Remaja di Tangerang Tertabrak

“Kondisinya masih normal kalau penampakan kaya gini, biasa kaya gini kalau Hari Senin. Ini kan antri karena ada diatur supaya tidak menumpuk, kan masih pandemi,” kata petugas keamanan di stasiun bogor, Senin (11/4/2022).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com