DAERAH  

Kabupaten Balangan Gelar Ujian Negara Amatir Radio dengan Sistem CAT

Balangan, Transnews.co.id – Kabupaten Balangan terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Non Reguler Tahap I dengan sistem CAT di Kalimantan Selatan Tahun 2022. Ujian ini diikuti 226 peserta dari pengguna amatir radio berbagai tingkatan yang dilaksanakan di Aula SMKN 1 Batumandi, Minggu (06/02/2022).

Wakil Bupati Balangan Supiani yang membuka kegiatan tersebut, mengatakan pegiat amatir radio selama ini memiliki peran cukup banyak dalam mendukung layanan telekomunikasi. Seperti berkoordinasi apabila terjadi musibah bencana baik itu kebakaran, banjir dan lain sebagainya.

“Karena Balangan ini masih banyak area yang tidak terjangkau oleh alat komunikasi kecuali dengan Orari, sehingga Orari ini menjadi alat peran sebagai penghubung yang efektif,” ujarnya.

baca juga :   Tanggap Bencana Kebakaran, Bupati Balangan Terjun Langsung Salurkan Bantuan

Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Banjarmasin, Mujiyo menyatakan peningkatan kualitas amatir radio memiliki arti penting, agar bisa menjalankan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bagi peserta yang lulus dalam UNAR tersebut nantinya akan mendapat Izin Amatir Radio (IAR) elektronik, yang bisa langsung diunduh sejak satu hari dinyatakan lulus.

baca juga :   Kabupaten Balangan Berhasil Turunkan Status PPKM dari Level 3 Menjadi Level 1

“Dengan adanya IAR ini mereka bisa mendirikan dan mengoperasikan stasiun amatir radio dan bisa melakukan amatir radio,” jelas dia.

Ditambahkan Ketua Orda Kalimantan Selatan, Akhmad Yani bahwa 226 peserta ini terbagi atas 102 orang dari Balangan dan selebihnya dari wilayah kabupaten yang masuk di Banua Anam.

“Mengingat masih pandemi jadi kita terbatas dulu dan untuk tahap selanjutnya kita masih menunggu arahan dari balai monitor sekaligus akan mencoba memprioritaskan peserta dari luar daerah se-Banua Anam,” katanya.

baca juga :   Disdikbud Balangan Serahkan 12 Unit Angkutan Pelajar kepada Dishub

 

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com