DAERAH  

Kadiskan: Antusias Masyarakat untuk Budi Daya Ikan di Kotim Tinggi

Sampit, Transnews.id – Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Kotawaringin Timur Ahmad Sarwo Oboy mengungkapkan antusias masyarakat Kotim yang melakukan budi daya ikan terbilang sangat tinggi.

“Kenapa saya bilang tinggi, karena di kantor ini saja cukup banyak proposal baru masuk dari semua kecamatan ada Kelompok Pembudidayaan Ikan (pokdakan),” kata Oboy, Rabu (9/2/2022).

Saat ini jumlah pokdakan yang aktif mencapai sekitar 400, yang semuanya tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kotim.

baca juga :   Tiga Perusahaan di Kotim Akan Gelar Operasi Pasar Murah Minyak Goreng

“Untuk membantu pokdakan agar terus berkembang, kita juga rutin melakukan pembinaan cara budidaya ikan yang baik, teknis pembuatan kolam dan perawatannya serta membantu bibit dan juga fasilitas lainnya,” ujarnya.

Berkaitan dengan pemasaran hasil produksi, Oboy menambahkan para pokdakan juga tidak mengalami kesulitan, sebab sudah memiliki pembeli tetap bukan hanya dari Kotim, namun juga dari luar Kabupaten seperti Ibukota Palangka Raya dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

baca juga :   Pemkab Kotim Susun Langkah Antisipasi Lonjakan Gelombang Ketiga Covid-19

“Ada kesepakatan melalui perjanjian antara Pokdakan dengan pembeli melalui perjanjian kontrak mereka. Jadi pembelinya sudah pasti ada dengan harga jual yang layak atau standar,” tutupnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com