DAERAH  

Kadisnakertrans Jatim Lepas 11 Keluarga Transmigrasi Ke Sulbar

Surabaya, Transnews.co.id – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigari, Himawan Estu Bagijo, melepas 11 keluarga dengan 38 jiwa dari Kabupaten Trenggalek dan Blitar Transmigrasi ke Sulawesi Barat, Minggu (24/10/2021).

Lebih lanjut, Himawan menjelaskan, bahwa proses keberangkatan ke Mamuju Sulbar tersebut, cukup lama.Sebelum berangkat 11 keluarga tersebut, dibekali ketrampilan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) di Balai Latihan Kerja (BLK) Wonojati Singosari.

Transmigrasi merupakan salah satu program yang cukup strategis dari pembangunan nasional karena program transmigrasi berkaitan langsung dengan upaya-upaya meningkatkan taraf hidup transmigrasi dan masyarakat sekitarnya.

”Kami berharap mudah-mudahan mereka terus menikmati dan berjalan dengan baik. Keberangkatan mereka didampingi oleh kawan-kawan dari Kementerian dari kabupaten asal, dan dari provinsi untuk memastikan bahwa mereka sampai di tempat tujuannya dan diterima dengan tepat oleh pemerintah kabupaten dan provinsi tujuan,” ujar Himawan.

baca juga :   Lahan Tebu Milik Pabrik Gula Semboro Terbakar

“Harapan kami, pada para transmigrasi nanti bisa memperbaiki/memperoleh kehidupan, bisa menerima dan mengolah lahan dengan tepat, serta sejahtera dalam kehidupan. Ini bagian membangun dari satu kesejahteran yang meluas warga Jatim dan mengurangi angka pengangguran,” ujar Himawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi. Achmad Zaifoer mengatakan, sebelum diberangkatkan calon transmigrasi dari kabupaten daerah asal ditransitkan terlebih dahulu di transito Transmigrasi Disnakertrans Jatim dan calon transmigrasi ini mendapatkan pelayanan penampungan, permakanan, pemeriksaan kesehatan (termasuk swab PCR), angkutan (pesawat), packaging barang bawaan diberi bantuan sandang dan diberikan obat bekal.

baca juga :   Jelang PON Papua 2020, Atlet Puslatda Loncat Indah Jatim Gelar Simulasi

Dari asal calon transmigran Kabupaten Trenggalek, sebanyak 8 KK (26 jiwa) tujuan UPT Salulisu Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat, sedangkan, transmigran dari kabupaten Blitar sebanyak 3 KK (13 jiwa) tujuan UPT salundeang Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat.

Bagi calon transmigrasi, juga diberikan pelatihan peningkatan kompetensi bagi calon transmigrasi sebelum diberangkatkan terlebih dahulu diberikan pelatihan peningkatan kompetensi di UPT BLK Wonojati Disnakertrans Provinsi Jawa Timur selama 7 hari dengan jenis pelatihan pertanian perikanan dan peternakan untuk KK calon transmigrasi dan pelatihan pengolahan hasil pertanian untuk istri calon transmigrasi pelatihan peningkatan kompetensi calon transmigrasi sudah diberikan dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 27 September lalu.(hadi).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com